Rantau — Setelah memberikan bantuan satu unit mobil ambulan kepada warga Desa Batung Kecamatan Piani, Bupati Tapin Drs H Arifin Arpan MM juga memberikan bantuan serupa kepada warga Desa Linuh Kecamatan Bungur.
Penyerahan bantuan satu unit mobil ambulan untuk warga Desa Linuh dilakukan secara simbolis oleh bupati kepada Camat Bungur Soegian Noor SSos, usai apel peningkatan disiplin di halaman Kantor Bupati Tapin, Senin (23/9) tadi.
Dikatakan bupati, ambulan ini memang diperuntukkan bagi warga yang berada jauh dari pusat Kota Rantau, seperti di Linuh dan sekitarnya. “Ambulan ini untuk memudahkan akses dari daerah yang sulit dijangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, dengan harapan masyarakat kita dapat terlayani di bidang kesehatan yang lebih baik lagi,” katanya.
Bupati juga berharap agar mobil ambulan untuk Desa Linuh dan sekitarnya ini bisa bermanfaat dan dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkannya. Dengan adanya bantuan mobil ambulan ini jangan sampai ada warga masyarakat yang tidak terlayani dengan baik. Bupati juga mewanti-wanti agar mobil ini jangan disalahgunakan, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan lainnya.
“Tolong disiapkan atau dibuatkan garasi untuk menyimpan mobil ini, dan ada pihak yang bertanggungjawab atas mobil ini,” cetusnya.
Hal ini penting dilakukan, kata bupati, mengingat dalam pengoperasiannya nanti agar ada yang bisa mengatur dengan baik dan untuk kepentingan masyarakat sendiri. “Tolong kepada camat selaku pimpinan wilayah kecamatan, lakukan pemantauan, agar keberadaan ambulan ini bisa terus beroperasi di masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu Camat Bungur mengatakan, pengoperasian ambulan ini untuk Desa Linuh, Hangui dan Rantau Bujur. “Ambulan bantuan pemerintah daerah ini nantinya akan ditempatkan di Desa Linuh,” kata Soegian.
Untuk kepengurusan, pengoperasian, serta pengelolaan terhadap mobil ambulan ini masih akan dimusyawarahkan dengan aparat desa dalam waktu dekat ini. “Aparat dari tiga desa ini nanti akan kami kumpulkan dan musyawarahkan untuk pengelolaan ambulan tersebut,” cetus Soegian. (Metro7/Fit)