PARINGIN – Kabupaten Balangan telah melaksanakan pelatikan bunda paud  di delapan kecamatan yakni kecamatan ,Batu Mandi, Paringin, Paringin Selatan, Lampihong, Juai, Awayan ,Halong , sertaTebing Tinggi.
 Dalam pelantikan tersebut hadiri ibu bupati Balangan Sefek Effendie dan seluruh guru yang ada di Kabupaten Balangan serta perwakilan dari dinas pendidikan.
 Ketua Tim penggerak PKK  Kabupaten Balangan Hj Mardiana Sefek Effendie mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala dinas pendidikan atas penghargaan yang telah di berikan dengan cara di lantiknya bunda paud di delapan Kecamatan tersebut, yakni  di setiap sekolah kabupaten Balangan memiliki bunda paud tersendiri sehingga tidak terbagi dengan paud-paud yang lainnya.
 Dikatakannya lagi, untuk melahirkan dan membentuk SDM masa depan yang berkualitas ,maka harus memberikan pendidikan yang terbaik dan optimal kepada generasi penerus ,sebab pada usia dini ,merupakan tanggung jawab bersama, baik sekolah ,masyarakat dan keluarga.
 “Mengingat begitu pentingnya pendidikan yang optimal dalam rangka pembentukan karakter dalam diri anak didik pada usia dini ,saya menyambut dengan sangat gembira atas keberadaan bunda paud ini, dengan harapan agar masing-masing dapat menjalankan perannya secara optimal, sehingga tercipta keterpaduan langkah dan tindakan dalam rangka melahirkan generasi penerus yang cerdas, sehat, kreatif dan inovatif, guna membuat masa depan negeri ini jadi gemilang,”ujar Hj Mardiana Sefek Effendie dalam sambutannya .
 Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Edy mengatakan, Dinas pendidikan khususnya di bidang PNFI telah mengelola PAUD sebanyak 178 lembaga yakni dengan rincian TK sebanyak 114 buah,KB 54 buah,TPA 5 buah ,SPS 5 buah ,dengan jumlah peserta didik 4.869 orang yang  tersebar pada 113 desa,dan untuk kecamatan batu mandi sudah tercapai satu desa satu PAUD,sedangkan untuk kecamatan juai sendiri masih ada dua desa yang belum mempunyai paud. Metro7/Sri