Kandangan — Untuk memberikan kenyamanan kepada warga dalam beraktivitas, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Car Free Sunday (CFS) di depan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati HSS Drs Achmad Fikry, Minggu (6/10) lalu.
Kegiatan  CFS ini dimeriahkan dengan beberapa kegiatan yang dibawakan oleh para siswa Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kandangan. Penampilan para siswa yang memiliki kebutuhan khusus ini mampu menyedot perhatian bupati dan masyarakat lainnya.
Kegiatan yang ditampilkan antara lain tari-tarian seperti Japin, pantomin dan tarian Caesar serta menyanyikan beberapa lagu yang mampu meneteskan air mata para penonton. Kemampuan anak-anak Tuna Runggu, Tuna Daksa dan Tuna Grahita dalam menjalankan aktivitas yang biasa dilakukan oleh orang-orang normal ini, sangat luar biasa.
Kepala Sekolah SDLB Kandangan, Endang Irianti mengatakan, penampilan yang diberikan oleh anak-anak didiknya ini bukan untuk dikasihani. Tetapi untuk minta dihargai sebagai manusia. Sebab, mereka yang tampil ini, adalah anak-anak yang memiliki kekurangan namun mampu melakukan aktivitas secara baik.
Selama ini, anak-anak yang berkebutuhan khusus, sering dicemooh dan hanya dipandang sebelah mata oleh sejumlah masyarakat sekeliling. “Mereka adalah manusia yang patut dihargai sebaik-baiknya. Karena mereka juga memiliki hak untuk dihargai,” kata Endang
Dalam penjelasannya ini, Endang mengatakan bahwa anak-anak yang mereka asuh,  tidak hanya memiliki kebutuhan khusus, tetapi mengharapkan adanya perhatian khusus dari semua orang yang ada di lingkungannya.  
Endang berharap agar semua elemen masyarakat saling bahu-membahu untuk memberikan perhatian. “Dengan adanya perhatian itu maka anak-anak yang ada di SDLB akan memiliki harapan untuk menghadapi masa depan mereka,” tambahnya. (Metro7/Fit)