Barabai — Sebagai wujud penghormatan dan kecintaannya kepada ulama, Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid menghadiri haul KH Ahmad Mughni, orang tua dari pengasuh Pondok Pesantren Nurul Muhibbin KH Muhammad Bakhit.
Acara haulan yang kondang dengan sebutan Ayah Nagara ini berlangsung di Majelis Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Kitun, Rabu (16/10) pagi. Dihadiri sejumlah habib dan beberapa ulama HST. Salah satunya adalah KH Mochtar pengasuh Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih, serta ribuan kaum muslimin dan muslimat yang memenuhi ruangan dan halaman majelis Pondok Pesantren tersebut.
“Dengan membludaknya para jamaah yang hadir dalam acara Haul ini, tidak dipungkiri lagi Ayah Negara adalah ulama yang sangat dihormati dan dicintai oleh masyarakat,“ ungkap Harun.
Orang nomor satu di Kabupaten HST ini juga mengajak masyarakat setempat untuk terus menjaga dan meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan untuk membangun Bumi Murakata.
Acara ini diisi dengan pembacaan Surat Yaa Siin dan Tahlil yang dipimpin oleh Habieb Muhammad dari Amuntai.
Dalam kesempatan itu Bupati Harun Nurasid didampingi Dandim 1002/Barabai Letkol Inf. Sulaiman Amirudin dan Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya dan Camat serta beberapa kepala SKPD pemerintah daerah HST
Seperti diketahui, Tuan Guru KH Ahmad Mughni bin KH Ismail atau Ayah Negara adalah seorang ulama kharismatik pemimpin Thariqat Alawiyyin. Sejak kecil beliau sudah dididik berbagai macam ilmu agama dan adab oleh orang tua beliau yang juga seorang ulama besar di Negara (HSS). Tidak mengherankan kalau di masa remaja beliau sudah menguasai macam-macam ilmu agama, baik zhahir maupun bathin. Syaikh Umar Hamdan dari Tunisia dan Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki dari Mekkah adalah sedikit dari nama besar yang pernah didatangi beliau untuk mendalami ilmu agama.
Pada tanggal 10 Dzul Hijjah 1414 H bertepatan dengan 21 Mei 1994 beliau wafat di Barabai dan dimakamkan di komplek pemakaman muslimin Telaga Airmata Barabai.AdvHumHST