Amuntai — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya mengembangkan industri kerajinan di daerahnya. Salah satunya dengan menggencarkan promosi produk banua ke kancah nasional hingga mancanegara.
Baru-baru tadi, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten HSU mengikuti Gelar Produk Daerah (GPD) Expo di Mega Mall Batam. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan  PT AIRA Mitra Media dan didukung Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Koperasi dan UKM.
GPD Expo 2013 yang mengambil tema Pakai dan Cintai Produk Dalam Negeri ini diikuti oleh 85 kabupaten/kota se-Indonesia dan dibuka dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Kepri  Syed Muhammad Taufik, Hadir pada acara pembukaan GPD Expo 2013 perwakilan dari masing-masing stand kabupaten/kota, termasuk Bupati HSU Drs H Abdul Wahid HK MM MSi.
Wahid menilai GPD Expo 2013 di Kota Batam adalah momen yang sangat tepat untuk memperkenalkan produk kerajinan daerah. Pasalnya, secara geografis Kota Batam sangat strategis karena berdekatan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura serta kota transit bagi turis mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia.
Selain itu, melalui GPD Expo 2013 ini Kabupaten HSU juga  bisa memperluas jaringan dengan daerah lain yang ada di Indonesia, mendorong produk daerah agar mampu meningkatkan kualitas dan daya saing. Sehingga diharapkan kedepannya produk-produk HSU lebih mampu bersaing, berkembang dan bisa menarik investor  ke daerah ini.
Dijelaskan Wahid, produk yang dibawa mengikuti GPD Expo 2013 ini seperti, Telor Asin Itik Alabio, tikar yang terbuat dari anyaman eceng gondok, tas purun, tas eceng gondok, baki dan produk-produk lainnya yang terbuat dari anyaman purun, rotan, dan bambu.
Wahid juga sangat bersyukur karena stand Kabupaten Hulu Sungai Utara terpilih sebagai stand terbaik ketiga setelah stand Papua dan Samarinda. Terpilihnya stand HSU sebagai juara dinilai dari keramaian pengunjung dan pembeli produk kerajinan.
Atas prestasi tersebut, Kabupaten HSU berhak mendapatkan piagam penghargaan yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Drs M Ridhani Effendi MSi. Bukan hanya itu, Bupati H Abdul Wahid HK juga menerima penghargaan khusus dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau. (Metro7/Hum/Awir)