Tamiang Layang — Sebuah perusahaan tambang batubara yang berinvestasi di Kabupaten Bartim, PT Berkah Alam Geronggong (BAG), telah menggelar houling perdana, baru-baru tadi.
Ketua Koperasi Erai Pakat, Saptono. SP mengatakan dengan dilaksanakannya houling perdana dari PT BAG ini maka tahapan tentang produksi tambang batubara sudah mulai berjalan. Sedangkan untuk lahan yang dikerjakan berada di wilayah Kecamatan Dusun Tengah.
“PT BAG hanya tambang kroser, yaitu jual belinya ke PT Pinangkul, sedangkan dari PT Pinangkul sendiri akan melanjutkan langsung ke Pelabuhan Bengkoang untuk dibawa ke luar. Target produksi PT BAG untuk bulan pertama sebanyak 20 ton,” ungkap Saptono.
Saptono berharap keberadaan PT BAG ini bisa memberikan kontribusi untuk daerah dan desa yang masuk dalam wilayah operasionalnya. Perusahan harus memberikan andil dalam percepatan pembangunan di suatu daerah. Sedangkan untuk kontribusi di desa bisa melalui koperasi atau berupa bantuan pihak ketiga.
Ia juga berharap PT BAG bisa menampung tenaga kerja lokal yang sudah di PHK dari perusahan lain agar bisa diberdayakan dan dirangkul kembali sebagai karyawan. “Sehingga bisa mengurangi tingkat penganguran di Kabupaten Bartim,” harapnya.
Sementara Bupati Bartim, Ampera. A.Y. Mebas SE, mendukung semua perusahan yang melakukan inventasinya di daerahnya. Dengan catatan, mentaati segala aturan dan ketentuan yang ada di daerah dan bisa memberikan dampak positif terhadap kemajuan pembangunan Kabupaten Bartim. (Metro7/Ali)