Barabai — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Dr H Harun Nurasid didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Tintainah Harun Nurasid melakukan penanaman bibit pohon di halaman Kantor Kecamatan Haruyan, Jumat (13/12) lalu. Kegiatan ini merupakan penanaman satu miliar pohon tahun 2013 yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) HST, Syaiful Bahri, menyampaikan tujuan dari penanaman satu miliar pohon untuk merehabilitasi hutan dan lahan yang sangat kritis. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan dan lahan serta konservasi keanekaragaman hayati baik flora dan fauna termasuk ketahanan pangan.
“Penanaman pohon ini juga bertujuan untuk penyerapan karbon dioksida dalam rangka mitigasi perubahan iklim global,” katanya.
Untuk mensukseskan pelaksanaan puncak aksi penanaman serentak, Dishutbun menyediakan bibit sebanyak 12.025 pohon. “Adapun bibit yang akan dibagikan yaitu bibit gaharu, mahoni, trambesi dan sengon, aren unggul, kelapa genjah, sirsak, mantoala, lengkeng, rambutan dan mangga,” terangnya lagi.
Menteri kehutanan RI, Zulkifli Hasan, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Harun Nurasid mengungkapkan kegiatan ini bertujuan membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat kita untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan di seluruh Indonesia.
“Dengan tema yang di usung yaitu Wariskan Hutan Yang Lebih Baik Untuk Generasi Penerus Bangsa, untuk meninggalkan legasi kepemimpinan Kabinet Indonesia Bersatu II dengan mewariskan hutan yang baik yaitu hutan yang dimoratorium, serta hutan dan lahan hasil rehabilitasi yang kita lakukan selama ini untuk generasi penerus bangsa Indonesia,” katanya.
Lebih lanjut, disampaikannya, halaman Kantor kecamatan Haruyan ini dipilih untuk lokasi penghijauan karena masih baru dan tanahnya masih basah sehingga perlu penghijauan serta ingin menghijaukan jalan baru yang ada di Desa Andang.
“Ini salah satu langkah kita untuk mengembalikan fungsi lahan dan hutan agar terhindar dari lahan kritis dan tak berfungsi,” kata Harun.
Pada kesempatan itu Harun menyerahkan secara simbolis delapan unit sepeda motor operasional kepada para penyuluh kehutanan. AdvHumHST