Kandangan — Desa Panggandingan dan Tambak Bitin Kecamatan Daha Utara memiliki kenangan tersendiri bagi Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry. Di dua desa inilah ia merasa ditempa hingga menjadi pengalaman yang sangat berarti dalam perjalanan kariernya.
Hal itu diungkapkan Achmad Fikry di tengah sambutannya pada acara pelantikan Kepala Desa Panggandingan dan Tambak Bitin, baru-baru tadi.
Beberapa puluh tahun yang lalu, jelasnya, ia punya rumah di Desa Panggandingan, sedangkan tempat tugas berada di Desa Tambak Bitin. Waktu itu, ia menjabat sebagai Camat Daha Utara. Bahkan dulu katanya, dirinya sering naik kelotok dan ikut melompat ketika kelotok merapat. “Tapi saat ini tidak bisa lagi melompat nyaman karena badan sudah lebih gemuk, katanya 
Achmad Fikry juga menceritakan beberapa pengalaman yang pernah didapatnya selama bertugas di Daha Utara. Seperti menghadapi banjir yang kerap dijumpai pada musim hujan seperti sekarang ini. Jalan yang rusak serta keterbatasan sarana dan ketiadaan jembatan penghubung. Namun, semua itu dilalui dengan baik, karena masyarakat yang ada di desa dan kecamatan sangat mengerti dengan kondisi waktu itu.
“Saat ini, sudah ada jalan yang beraspal, jembatan penghubung, kendati sarana tersebut masih perlu adanya perbaikan. Mudahan kedepannya semua sarana yang ada ini dapat semakin baik dan masyarakat Daha dapat menikmatinya,” ucap bupati.
Masih menurut bupati, sebagaimana diketahui katanya, kantor camat yang besar ini dulunya Kantor PKK. Namun seiring dengan perjalanan waktu, berubah fungsi dan menjadi kantor camat. Dengan tersedianya sarana dan prasarana ini, diharapkan semuanya dapat semakin baik. (Metro7/Fit)