• Kebakaran di Desa Teluk Batung
Amuntai — Karena ingin menyelamatkan harta bendanya dari kobran api yang membakar rumahnya, H Indar nyaris kehilangan nyawa. Ia tidak bisa menghindari kobaran api yang sempat mengenai tubuhnya. Akibatnya, kepala keluarga ini mengamali luka bakar yang cukup serius di sekujur tubuhnya.
Peristiwa heroik itu terjadi saat musibah kebakaran yang menghanguskan dua rumah di Desa Teluk Batung Kecamatan Sungai Pandan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Senin (20/1) tadi, sekitar pukul 21.00 Wita.
Koordinator lapangan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSU, Joko Mentana, menerangkan korban langsung dilarikan ke RSUD Pembalah Batung Amuntai.
“Kita patut bersyukur karena kejadian ini masih dalam waktu warga belum tidur dan informasi cepat meluas ke anggota BPK. Saya tidak bisa membayangkan apabila ini terjadi tengah malam di saat warga tertidur pulas, bisa-bisa meluas lokasi kebakarannya,” kata Joko.
Berdasarkan data dan informasi yang didapat di lokasi kejadian, korban kebakaran adalah keluarga H Indar dan H Wahidinor. Rumah H Indar terbakar 100 persen, sedangkan rumah H Wahidinor 75 persen.
Warga sempat mendengar bunyi dentuman seperti ada yang meledak. Suara ledakan diduga berasal dari kompor gas. Tetapi dentuman itu terdengar sesudah api membesar sehingga dipastikan bukan dari tabung gas di dalam rumah yang terbakar.
Api pertama kali diketahui berasal dari rumah H Indar. Namun petugas belum mengetahui penyebab musibah kebakaran ini. Polres HSU masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (Metro7/Awir)