H Yuhani SAg SPd MSi
Tanjung — Kabar gembira bagi warga berusia lanjut yang termasuk kategori jompo. Pemerintah Kabupaten Tabalong akan mendaftarkan mereka ke Asosiasi Usia Lanjut (Aslut) untuk mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu perbulan dari pemerintah pusat.
Kabar gembira itu diungkap oleh Kepala Dinas Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinsosbudpar) Kabupaten Tabalong, H Yuhani SAg SPd MSi, baru-baru tadi.
Menurut Yuhani, pendaftaran kaum jompo ke Aslut itu adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan Dinsosbudpar Kabupaten Tabalong. Di samping itu ada juga program bedah rumah bagi masyarakat miskin.
Dijelaskannya, tahun ini pihaknya akan melakukan bedah rumah sebanyak 75 buah. Untuk wilayah selatan setiap kecamatan rata-rata delapan buah. Sementara di wilayah utara setiap kecamatan rata-rata lima buah. Pelaksanaannya direncanakan mulai bulan Maret ini.
“Tahun ini kegiatan bedah rumah lebih banyak di wilayah selatan berdasarkan usulan yang masuk dan telah dilakukan verifikasi juga peninjauan di lapangan,” kata Yuhani.
Ia juga menjelaskan banyak program yang dilakukan Dinsosbudpar dalam menangani penyandang masalah kesejahteraan sosial. Salah satunya  sosialisasi program asistensi sosial penyandang cacat berat. Rencananya sosialisasi dimulai di Kecamatan Muara Uya. Tujuannya untuk mendata jumlah penyandang cacat berat di daerah ini. “Sehingga semua bisa terdata untuk selanjutnya mendapat perhatian dari pemerintah dalam program pelatihan dan pembinaan penyandang cacat,” tegasnya. (Metro7/Via)