TAMIANG LAYANG – Pada mei nanti para pelajar SMP akan mengikuti ujian akhir nasional (UAN), tidak saja menjadi tanggung jawab sekolah untuk meluluskan mereka dalam pelaksanaan ujian, namun peranan orangtua atau wali murid pun juga sangat menentukan dalam menjelang UN nantinya.
Kepala sekolah SMPN 1 Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur, Emilia ketika ditemui Metro7 belum lama ini, mengatakan tidak berapa bulan lagi pihaknya akan melaksanakan ujian nasional (UN), dan berbagai persiapan pun telah dilakukan sekolah, mulai memberikan pelajaran tambahan kepada murid seperti les dan try out lainnya.
“Les tambahan ini kami lakukan sampai mendekati UN nantinya, agar siswa kita bisa dengan mudah mengingat pelajaran-pelajaran yang diberikan selama ini, sehingga saat UN tiba siswa pun tidak bingung dan canggung lagi dalam menghadapi nya karena sudah di beri bekal berupa les tambahan, karena les yang diberikan sekolah menyangkut dengan mata pelajaran yang akan di UN kan,”ungkap Emilia.
Masih kata Emilia, ujian nasional salah satu penentuan bagi siswa selama dia bersekolah di SMPN ini, karena UN syarat mutlak yang harus diikuti dan dilaksanakan bagi siswa dan sekolah, maka dengan diberikannya pelajaran tambahan Les kepada siswa, agar nantinya sekolah ini bisa mencapai angka kelulusan 100 persen. 
Emilia juga menambahkan, untuk pasilitas sekolah hampir mencukupi begitu juga tenaga pengajarnya, maka dengan dilengkapinya pasilitas sekolah pihaknya selalu memperhatikan kebutuhan para murid, mulai dari minat baca yang disediakan di perpustakaan sampai dengan bakat dan hoby dari siswa, untuk dikembangkan agar bisa mengharumkan nama sekolah.
Dia juga berharap, dengan diberikannya pelajaran tambahan kepada siswa dalam menjelang ujian nasional nanti, agar dapat mengasah kemampuan murid dan dapat mencapai angka kelulusan 100 persen, sehingga untuk kedepannya sekolah ini bisa melahirkan siswa dan siswi yang berprestasi. (Metro7/ Ali/Rul)