MARABAHAN,- Para siswa/siswi SLTA sederajat di Kabupaten Barito Kuala (Batola) berlomba mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) tingkat Kabupaten Batola, belum lama ini.
 Setidaknya terdapat 58 siswa/siswi yang ikut ambil bagian dalam seleksi yang dilaksanakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batola tersebut. Mereka terdiri SMAN 1 Marabahan 3 orang, MAN 1 Marabahan 5 orang serta SMA GIBS, SMAN 1 Barambai, SMKN 2 Marabahan, SMAN 1 Anjir Pasar, MAN 4 Marabahan, SMAN 1 Mandastana, MAN 1 Bakumpai, MAN 1 Wanaraya, SMAN 1 Rantau Badauh, dan SMAN 1 Alalak masing-masing 4 orang.
Para peserta yang berasal dari siswa/siswi kelas 1 dan 2 di hari pertama seleksi, Selasa (15/04) kemarin, mengikuti tes fisik, tes kesehatan, dan tes PBB dari tim seleksi. Sedangkan kalu semua tes itu lulus maka mereka akan mengikuti tes kesemaptaan.
Bagi peserta terbaik tingkat Batola ini dipilih 6 peserta terbaik I, II, dan III putra serta terbaik I, II, dan III putri untuk diseleksi kembali di tingkat provinsi bersama 72 peserta dari 12 kabupaten/kota se-Kalsel lainnya.
Selanjutnya seluruh peserta dari 13 kabupaten/kota yang berjumlah 78 kembali dilakukan seleksi guna diambil 2 orang, masing-masing 1 putra dan 1 putri guna diikutkan sebagai peserta paskibraka pada pengibaran bendera di Istana Negera 17 Agustus mendatang.
Bupati Batola H Hasanuddin Murad melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Pemkes) Drs H Jamidin Praja MSi saat membuka seleksi di Aula Selidah Marabahan mengharapkan, kepada pihak yang melakukan seleksi agar mengedepankan penilaian kemampuan dan potensi termasuk memperhatikan kesehatan fisik dan mental. Agar perwakilan yang terpilih benar-benar selektif serta mampu membawa nama baik daerah nantinya.
Sementara kepada peserta, bupati mengharapkan benar-benar memanfaatkan seleksi dengan sebaik-baiknya.  Agar kesempatan yang diperoleh benar-benar ketat dan sangat terbatas ini dapat membawa keberuntungan baik diri pribadi, orang tua, maupun daerah.
“Mengingat bagi peserta yang terpilih akan dijadikan pasukan pengibar bendera pusaka pada upacara puncak Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus Tahun 2014 mendatang,” jelasnya. (Andi/Metro7/Tim Website)