TAMIANG LAYANG,- Berdasarkan sertifikasi rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara dari setiap Kecamatan yang ada di kabupaten Barito Timur, untuk DPRD Kabupaten tahun 2014, dengan jumlah pemilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk daerah pemilihan Dapil I Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah.  Berjumlah 32.191 pemilih sedangkan yang menggunakan hak pilihnya dalam DPT hanya berjumlah 25.330 pemilih dan jumlah suara sah seluruh partai politik 25.388 suara.
Selain itu untuk daerah Dapil 2 dengan daerah pemilihan Kecamatan Awang, Paju Epat serta Paku dan Karusen Janang, dengan jumlah pemilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), berjumlah 16.938 pemilih, sedangkan penggunaan hak pilih dalam (DPT) berjumlah 14.008 pemilih dan suara sah seluruh partai politik berjumlah 14.056 suara.
“Sedangkan daerah Dapil 3, dengan daerah pemilihan Kecamatan Dusun Timur serta Benua Lima dan Patangkep Tutui. Dengan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) 26.160 pemilih, jumlah surat suara yang digunakan 21.863 pemilih dan jumlah suara yang sah dari seluruh partai politik 21.129 suara,” kata ketua KPU Kabupaten Bartim Zainal Hamli.
Maka berdasarkan hasil pleno pada tanggal 20 –April – 2014, dan dari hasil pelaksanaan pemilihan legislatif pada 9 April kemarin, yang direbutkan sebanyak 25 kursi DPRD Kabupaten Bartim. Yang terbagi menjadi 3 daerah pemilihan, yaitu dapil 1 yang direbutkan sebanyak 11 kursi serta dapil 2 sebanyak 5 kursi dan dapil 3 sebanyak 9 kursi.
 “Maka muncul lah nama-nama anggota legislatif Kabupaten Bartim tahun 2014, periode 2014 – 2018, yaitu PDIP memperoleh 4 kursi di DPRD Bartim. Fristio dari PDIP Dapil 1, Mardianto dari PDIP dari Dapil 1, serta Janjo Briyano dari PDIP Dapil 2 dan Broelalano dari PDIP Dapil 3, disusul oleh PKPI memperoleh 4 kursi, yaitu Ariantho. S. Muler dari PKPI Dapil 1, Latifah dari PKPI dengan daerah pemilihan Dapil 1 serta Unriu Ngubel dari PKPI Dapil 2 dan Munita Mustika Dewi dari PKPI dari Dapil 3,” katanya lagi.
Sedangkan Partai Golkar hanya mendapatkan 3 kursi di DPRD Bartim, Parjono dari partai Golkar daerah pemilihan Dapil 1 serta Trisnawati dari partai Golkar dari Dapil 2 dan Rini dari partai Golkar dari Dapil 3. Disusul dari Partai Hanura mendapatkan 3 kursi, yaitu H. Ijuh dari Partai Hanura Dapil 1 serta Hairi dari partai Hanura Dapil 2 dan H. Ahmad Huzairin dari partai Hanura Dapil 3 dan kursi yang sama pun di dapat dari partai Demokrat dengan perolehan 3 kursi di DPRD Bartim.
Dari dapil 1 yaitu Surdi dari partai Demokrat serta Raran dari Partai demokrat Dapil 2 dan Depe dari partai demokrat Dapil 3. Sedangkan partai Gerinda memperoleh 2 kursi, H. Cilikman Jakri dari partai Gerinda Dapil 1 dan Embut dari partai Gerinda Dapil 3, partai PAN juga memperoleh 2 kursi yaitu Anton Kusdarmanto dari partai PAN dapil 1 dan Gomelson dari partai PAN dapil 3 serta dari partai Nasdem memperoleh 2 kursi, Yudha Nyampai dari Nasdem dapil 1 dan Adolina. S dari Nasdem dapil 3.
 “ Dan yang terakhir dari partai PPP mendapatkan 2 kursi di DPRD Bartim, yaitu Markati dari PPP dapil 1 dan H. Rumli dari PPP dapil 3, maka jumlah kursi di DPRD Bartim sebanyak 25 kursi yang terbagi menjadi 3 daerah pemilihan, dan wajah baru anggota Legeslatif tahun 2014 ini sebanyak 12 orang sedangkan wajah lama masih bertahan 13 orang, sehingga untuk wajah lama yang mengisi dikursi DPRD Bartim masih mendominasi kurang lebih 55 persen tetap bertahan,” jelas Zainal. (Ali/Metro7)