Amuntai – Sebanyak 20 orang siswa peserta Ujian Nasional tingkat SMA sederajat di Kabupaten HSU dinyatakan tidak lulus.
Hal ini disampaikan oleh kapala dinas pendidikan HSU H Hery Priyanto, Selasa (20/05). Dan delapan diantaranya merupakan siswa SMAN 1 Paminggir.
Sedangkan sisanya berasal dari SMAN Sungai Pandan (1 orang), SMAN Danau Panggang (1 orang), SMA Salsalbila Cempaka (3 orang), MA Nurul Hidayah (1 orang), dan MA As Syafiiyah Alabio (1 orang). Kemudian SMKN 1 (4 orang) serta SMKN 2 (1 orang).
Untuk tingkatan SMK peserta UN yang paling banyak tidak lulus yakni dari SMKN 1 Amuntai sebanyak 4 orang, dan disusul SMKN 2 dari jurusan tekhnik gambar bangunan sebanyak 1 orang.
Sekedar diketahui untuk jumlah peserta UN dikabupaten HSU sebanyak 4.034 orang dengan rincian SMA total peserta sebanyak 541 orang,tingkat MA sebanyak 1.202 orang,dan tingkat SMK sebanyak 2.291 orang.
Untuk Parameter kelulusan dari tahun yang lalu bisa dibilang mengalami peningkatan yang dulunya pada tahun 2013 sebanyak 22 orang tidak lulus menjadi 20 orang saja.
“Semoga saja ini terus menurun lagi persentase ketidak lulusannya, akan teapi sesuai dengan prosentase ada penurunan karena jumlah peserta yang mengikuti ujian menurun dengan persentase 99.20% dan juga untuk Rata-rata nilai juga ada sedikit penurunan,” terang Hery .
Untuk yang tidak lulus hery juga menyarankan untuk sesegeranya mendaftarkan ke bagian Dikmen pada Dinas pendidikan untuk mengikuti ujian pada program khusus paket C pada akhir juli nanti dan juga dirinya meminta kepada kepala sekolah untuk bertanggung jawab penuh sehingga tidak ada anak yang putus sekolah
” Kami meminta kepada kepala sekolah untuk aktif dalam membantu anak yang tidak lulus untuk sesegeranya mendaftarkan kepada bagian dikmen dinas pendidikan untuk mengikuti program paket C, supaya tidak ada anak yang putus sekolah,” pintanya.(Metro7/Awir).