MARABAHAN- Dana bantuan sosial (Bansos) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke setiap kabupaten, khususnya pemerintah daerah Kabupaten Barito Kuala, untuk menunjang dalam dunia pendidikan sangat di rasakan oleh sekolah, salah satunya SDN 1 Belandean Muara tahun ini mendapatkan penunjang peralatan sekolah bagi murid yang kurang mampu.
Kepala sekolah SDN 1 Belandean Muara. Yusran saat ditemui Metro7 dikantornya, mengatakan dengan jumlah murid 75 orang, dari data yang kami lakukan maka pada tahun ini, ada 16 orang murid yang mendapatkan dana bantuan sosial dari pemerintah pusat, bantuan tersebut berupa peralatan untuk penunjang mereka sekolah.
“Karena dari data yang dimiliki sekolah dari 75 murid ada 16 murid yang layak untuk mendapatkan dana Bansos tersebut, bantuan tersebut yang kami berikan berupa tas, buku, pensil dan peralatan penunjang lainnya, kami juga dari pihak sekolah sangat berterima kasih kepada pemerintah, karena sekolah yang dia pimpin pada tahun ini, telah mendapatkan bantuan peralatan penunjang sekolah bagi murid yang layak untuk mendapatkannya,”ungkap Yusran.
Selain itu juga Yusran menambahkan, sekolah SDN 1 Belandean Muara yang dia pimpin sangat memprihatinkan, seperti peralatan mobiler karena kalau dilihat dari kondisi meja kursi yang ada saat ini, hanyar 45 persen yang layak untuk di pakai, sedangkan sisa nya sudah tidak layak pakai lagi karena dimakan usia. 
“Sedangkan untuk perlengkapan buku di perpustakaan sekolah masih kosong, padahal kalu perpustakaan sekolah yang kita miliki ini dilengkapi dengan buku baca, maka murid yang ada disekolah bisa dengan mudah untuk memfaatkan waktu istrahatnya dengan membaca ke perpustakaan yang ada disekolah,” katanya.
Padahal untuk perlengkapan buku dan mobiler sekolah sudah beberapa kali diajukan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, agar bisa diperhatikan, tetapi sampai saat ini belum ada realisasi dari dinas setempat. “Dengan kondisi dan keadaan sekolah saat ini, diharapkan kepada dinas yang terkait agar bisa diperhatikan dan merealisasi usulan yang diajukan selama ini,” pungkas Yusran. (Andi/Uji/Metro7)