TANJUNG – Dari hasil uji emisi kendaraan dinas roda empat milik SKPD-SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Tabalong yang telah dilaksanakan Bapedalda dan Dishub selama dua hari pada tanggal 2 sampai 4 Juni 2014 lalu, dari 63 kendaraan hasilnya sebanyak 56 kendaraan dinas roda empat dinyatakan lulus uji dan sisanya 7 kendaraan tidak lulus.
 Hasil tersebut telah diumumkan Kepala Bapedalda Kabupaten Tabalong H Yuzan Noor pada puncak acara peringatan Hari lingkungan Hidup Sedunia di Taman Kota Tanjung.
 Ada empat kendaraan dinas roda empat yang dinyatakan terbaik dari hasil uji emisi yaitu mobil dinas milik bagian ekobang Setda Tabalong dengan nomor DA 89 H, kemudian milik instansi Pengadilan Negeri Tanjung DA 120 H, milik instansi Pemadam Kebakaran DA 929 H dan DA 913 H keempat kendaraan dinas tersebut produk pembuatannya tahun 2007 kecuali mobil DA 913 H yang tahun pembuatannya tahun 2010.
Menurut H Yuzan Noor uji emisi terhadap kendaraan dinas di lingkup Pemkab Tabalong baru pertama kali dilaksanakan, dengan harapan agar senantiasa selalu peduli memelihara lingkungan hidup dan tidak sekedar yang kasat mata saja, baik buruknya kondisi udara tergantung juga dari emisi gas buang kendaraan.
 “Adapun yang berkaitan dengan kendaraan dinas yang tidak lulus uji emisi, akan diserahkan hasilnya dalam bentuk laporan kepada masing-masing pimpinan SKPD agar memotivasi dalam pemeliharaan dan perawatan kendaraan dinas dengan baik,” terang H.Yuzan Noor. Metro7/Via