PARINGIN – Rutinitas berbeda tampak terlihat di kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura Perikanan dan Peternakan (PTPHPP) Kabupaten Balangan saat memasuki bulan suci Ramadan.
Selain kegiatan biasa seperti menjalankan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai yang beragama Islam juga diwajibkan untuk tadarusan  setiap pagi sebelum jam kerja dimulai.
Tuhalus, Kepala Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan mengatakan, pelaksanaan tadarusan yang dilaksanakan di kantor Dinas PTPHPP dilaksanakan setiap tahun yang sudah menjadi agenda rutin pada saat Bulan Ramadhan.
“Tadarusan ini sudah menjadi tradisi dan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya. Selama bulan puasa, minimal kami biasanya bisa khatam Qur’an satu kali,” terangnya.
Dijelaskannya, tadarusan ini dilakukan  setiap hari secara bergantian oleh pegawai di masing-masing bidang. Dari jadwal yang ada selama sepekan dilangsungkan, lima hari tadarusan sesuai jumlah bidang yang ada di kantor Dinas PTPHPP Kabupaten Balangan.
“Senin Sekretariat, Selasa Bidang Peternakan, Rabu Bidang Hortikultura, Kamis Bidang Tanaman Pangan dan hari Jumat Bidang Perikanan,” ungkapnya.
Setelah usai tadarusan kata dia, pihaknya akan melakukan  khataman Al Qur’an persis pada malam salikur atau malam ke 21 dari bulan Ramadan, yang rencananya bertepatan dengan pelaksanaan tanglong yang dijadwalkan tanggal 22 Juli mendatang.
Lebih jauh Tuhalus berharap, tadarus dapat membangun tali silaturahim serta menjalin hubungan yang baik dengan sesama pegawai, juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menumbuhkan rasa cinta membaca Al-Qur’an sehingga nantinya bisa mempelajari dan memahami isi kandungan Al-Qur’an itu sendiri. (Metro7/Sri)