BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah Dr H Harun Nurasid didampingi ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid dan kepala PT Kantor POS Cabang Barabai Sumista kembali memantau prosesi pembagian dana Program Keluarga Harapan (PKH).
Dimana sebelumnya orang nomor satu di Bumi Murakata ini meninjau di dua tempat sekaligus yaitu Kantor POS Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan dan Kantor kecamatan Limpasu pada Selasa (26/8) kemarin, kali ini mengunjungi Kantor POS Pagat yang dana PKH tersebut dibagikan untuk warga kecamatan Batu Benawa dan Kecamatan Hantakan. Kamis (28/8)
PKH adalah program yang memberikan bantuan tunai bersyarat kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang telah ditetapkan sebagai peserta PKH. Agar memperoleh bantuan tersebut, peserta PKH diwajibkan memenuhi persyaratan dan komitmen yang terkait dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), yaitu pendidikan dan kesehatan.
Diah Handoko selaku pendamping PKH menyampaikan, bahwa dana PKH ini diberikan kepada para ibu rumah tangga kurang mampu yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi peserta program ini dalam kurun waktu tiga bulan sekali.
“Mengenai dana tambahan pada bantuan tetap bagi pengurus RTSM (ibu) yang biasanya  Rp. 100 ribu pertahun menjadi Rp. 240 ribu pertahun, dan dana tambahan tersebut dibayarkan secara langsung pada tahap kedua,” terangnya
Pada kesempatan itu, Bupati HST Dr H Harun Nurasid menyampaikan agar pendamping PKH bisa membagikan dana PKH tersebut sesuai dengan yang telah dianggarkan.
“Dan kepada penerima dana PKH sekiranya bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan pendidikan dan kesehatan, sehingga kesejahteraan para penerima bisa lebih baik lagi,” harapnya. (AdvHumHST)