Tanjung – Gerbong kabinet pemerintahan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani mulai bergerak. Sekitar 160 orang pejabat dilantik dan diambil sumpahnya untuk melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan. Para pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat Eselon II, III dan IV dalam sebuah acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Struktural Eselon II, III dan IV Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, di Pendopo Bersinar, Selasa (30/9) kemarin.
Dalam sambutannya Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani mengatakan, bahwa mutasi jabatan dalam sebuah pemerintahan adalah hal yang biasa dan bukan hal yang istimewa. Pejabat daerah diharapkan akan selalu kompak dan solid dalam melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan.
“Pelantikan yang dilaksanakan sekarang merupakan jawaban dari beberapa pertanyaan yang intinya menanyakan kapan pelantikan dilaksanakan. Kemudian ada pertanyaan yang mendasar kenapa sudah sampai 6 bulan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong baru melakukan pelantikan beberapa pejabat eselon II, III dan IV sekarang,” kata Bupati Anang Syakhfiani.
Jawabannya ujarnya adalah, dirinya bersama wakil bupati dan Baperjakat melakukan penilaian terhadap semua pejabat dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat kelurahan, selama 5 bulan melakukan penilaian dan evaluasi dan akhirnya sampailah pada satu kesimpulan bahwa sebagian besar pejabat di lingkup Pemkab Tabalong mempunyai kompetensi dan kemampuan yang cukup baik.
“Oleh sebab itu mutasi dan promosi pada hari ini betul-betul didasarkan atas penilaian dan pertimbangan kompetensi, kemampuan dan kinerja yang baik dan para pejabat yang ada sekarang dinilai menjiwai dan mampu melaksanakan tugasnya yang diberikan,” ujar orang nomor satu di kabupaten Tabalong ini.
Berdasarkan pemantauan Metro7, dari jumlah pejabat struktural yang dilantik ada beberapa jabatan camat yang diroling seperti Camat Kelua diisi oleh Arbuansyah yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Camat Banua lawas, kemudian Camat Tanjung dijabat oleh Redy Helmi yang sebelumnya menduduki jabatan Camat Pugaan begitu pula Camat Muara Harus dijabat oleh Rachman yang sebelumnya Camat Bintang Ara.
Jabatan struktural eselon II ada beberapa pergeseran diantaranya H. Imam Fakhrullazi sebelumnya menduduki jabatan Asisten Bidang Administrasi dipercayakan menduduki jabatan Kepala Dinas Pertambangan. Jabatan H. Suryanadie sebagai Kepala Dinas Pendapatan digantikan oleh H. Yuzan Noor yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Bapedalda.
Kemudian jabatan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kekayaan Daerah dijabat oleh Mahdi Noor yang sebelumnya menduduki Kepala Dinas Perhubungan. Jabatan Kepala Dinas Pendidikan dijabat oleh H.Marzuki Hakim yang sebelumnya menduduki jabatan Asisten Ekonomi Pembangunan, Sekretaris DPRD diduduki oleh H.Dimiyati.
Banyak kalangan di Tanjung menilai, pergeseran jabatan dalam mutasi yang dilakukan oleh Bupati Tabalong dan Wakil Bupati Tabalong sangat profesional dan proporsional. Dan sudah memenuhi kaidah etika dan kesantunan dengan memberian waktu selama enam bulan kepada seluruh pejabat daerah untuk bekerja sebaik-baik.
“Sangat jarang terjadi seorang pemimpin daerah seperti bupati bisa memberikan waktu selama enam bulan untuk melakukan mutasi jabatan dipemerintahannya. Para pejabat daerah diberikan waktu untuk bekerja sebaik mungkin karena dalam waktu itu mereka dinilai untuk kinerjanya,” ujar sejumlah tokoh masyarakat kepada Metro7.
Banyak yang berharap, seluruh pejabat daerah baik yang jabatannya bergeser maupun yang tidak untuk tetap bersatupadu, menyingsingkan lengan, berkorban membangun bersama untuk membangun kabupaten Tabalong.
“Kami yakin pejabat-pejabat didaerah ini akan selalu kompak dan solid, bersama-sama membangun Tabalong dengan tugas-tugas yang diberikan,” tambahnya lagi.
Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati H.Zony Alfianoor, Ketua DPRD H.Darwin Awi, Pejabat Unsur Muspida/FKPD serta para pejabat lainnya di lingkup Pemkab Tabalong. (Metro7/via/sari)