Dubinata
Kades Tampa
TAMIANG LAYANG- Dalam rangka malam resepsi perayaan Hut Proklamasi ke 69 dan penyerahan piala-piala dari berbagai macam perlombaan dalam rangka memperingati rangkaian hari kemerdekaan RI ke-69, tingkat kecamatan Paku Kabupaten Bartim, kegiatan pun dihadiri langsung oleh Bupati Bartim Ampera. A.Y. Mebas beserta istri serta Wakil Bupati Bartim H. Suriansyah beserta istri dan ribuan masyarakat kecamatan Paku yang berlangsung di halaman kantor Kecamatan Paku, malam rabu (30/09) berlangsung dengan meriah.
“Selain pada penyerahan piala kepada para pemenang lomba, panitian juga menyiapkan hiburan rakyat yang dihibur dengan artis lokal dari Bartim, dan menampilkan tarian lokal dari Desa Tampa Kecamatan Paku, yang ditampilkan oleh Sanggar Paku Mareh untuk menyambut kedatangan Bupati Bartim beserta rombangan yang berhadir pada puncak perayaan kegiatan tersebut,”ungkap Dubinata.
 Ketua Panitia penyelenggara perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke- 69 tingkat Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur Dubinata, mengatakan Kecaamtan Paku merupakan salah satu dari bagian dari Kabupaten Barito Timur yang terdiri dari 12 desa, walaupun kecamatan ini baru dimekarkan hanya beberapa tahun berjalan, namun semangat kebersamaan untuk berupaya dalam menciptakan rasa persatuan dan kesatuan terus dikembangkan, baik melalui pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat yang berazaskan persatuan indonesia.
 “Sebagai dari bagian masyarakat Kabupaten Bartim, khususnya masyarakat kecamatan paku, kami terus berupaya untuk melakukan peran dalam pembangunan melalui kegiatan bidang olahraga merupakan bagian yang penting dalam membangunan manusia seutuhnya, terutama dalam pembangunan mental dan mencari pemuda dan pemudi yang berbakat dibidang olahraga, agar nantinya bisa mencari bibit-bibit yang handal dan bisa mengharumkan nama baik daerah Bartim,”kata Dubinata.
Masih kata Dubinata, kita juga menyelenggarakan berbagai macam perlombaan untuk umum, yaitu tenis meja, batminton, vollybal dan sepakbola putra dan putri yang mengundang 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bartim dan hanya diikuti oleh 7 kecamatan, tenis meja diikuti oleh 46 peserta, bulutangkis 48 peserta, vollybal 30 peserta serta diikuti sebanyak 8 team dan sepakbola putra 32 team, pungkasnya.
Selain itu Camat Paju Sandy, menambahkan peringatakan dan kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin tahunan oleh pemerintahan kecamatan paku dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI, dengan mengadakan perlombaan olahraga serta menampilkan kesenian daerah dan kegiatan khusus paskibaraka pada detik-detik proklamasi, ucapnya.
Masih kata Sandy, maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini, adalah membangun dan memupuk partisipasi masyarakat dalam rangka melaksanakan kegiatan bersama, agar tetap terpeliharanya rasa nasoinalisme serta persatuan dan kesatuan serta mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur mendahului kita, jelas Sandy.
Bupati Bartim Ampera A.Y. Mebas, dalam kesempatan tersebut menyerahkan piala kepada para pemenang lomba, dan untuk lomba sepak bola putri untuk juara 1 diraih dari desa kalamus putri serta juara II diraih desa Bantai Napu putri dan juara III diraih oleh Kecamatan Karusen Janang.
“Dalam mengisi kemerdekaan, maka bagaimana kita bisa untuk mensejahterakan rakyat dengan rasa aman, sejahtera dan makmur agar kemerdekaan yang diperoleh oleh bangsa indonesia sebagai jembatan emas, dalam mengisi kemajuan pembangunan dengan prestasi dan kejujuran karena dengan dasar kejujuran tersebut, apa yang kita cita-cita kan dan kita tegakkan akan lebih cepat terwujud dalam mengisi kemerdekaan indonesia,” pungkasnya. (Ali/Ru/Metro7)