TANJUNG: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabalong kembali lantik Cabang-cabang olahraga yang berada dibawah naungannya.
Sebanyak 12 cabang olahraga dilantik kepengurusannya oleh ketua kabupaten Tabalong yang disaksikan oleh Bupati Tabalong H.Anang syakhfiani dan jajaran muspida kabupaten Tabalong serta jajaran pengurus Koni provinsi Kalsel, di Aula pendopo bersinar Tanjung.
Kepala bidang organisasi Koni Kalsel, H.Firdaus Mansyuri, mengatakan suatu tradisi yang patut untuk ditiru oleh koni-koni kabupaten lain.
“Ini menunjukan sebuah kebersamaan dan kekeluargaan serta mempunyai tekad yang sama dalam usaha untuk memajukan olahraga dan prestasi olahraga khususnya untuk kabupaten Tabalong,”ujarnya.
Ke depan semangat kebersamaan seperti ini harus lebih ditingkatkan lagi didalam usaha untuk memajukan prestasi olahraga diprovinsi kalimantan selatan khususnya kabupaten Tabalong.
Ia mengatakan pihaknya memberikan dukungan dan support sepenuhnya kepada kabupaten Tabalong yang mempunyai keinginan untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan porprov kalsel pada tahun 2017 nanti.
Untuk dapat mencapai itu sejak dini persiapankan lah segala persyaratan yang telah ditentukan oleh provinsi agar Tabalong dapat menjadi tuan rumah dalam porprov nanti.
Kalau nanti kabupaten Tabalong disetujui untuk menjadi tuan rumah, maka pemkab harus segera mengajukan anggaran terkait pelaksanaan porprov itu nanti.
Selain itu lanjutnya pemkab bersangkutan juga bisa mengajukan pembangunan sarana-sarana olahraga yang dirasa masih kurang dan belum memadai.
Karenanya marilah kita berjuang bersama-sama untuk dapat mewujudkan keinginan dari insan olahraga Tabalong ini.
Sementara itu Ketua koni kabupaten Tabalong, H. Norhasani, mengatakan pihak akan terus berbenah agar dapat memenuhi persyaratan yang disyaratkan untuk Tabalong dapat menjadi tuan rumah dalam porprov ke X tahun 2017 nanti.
“Kami berharap ketua Umum Koni provinsi Kalsel dapat mengunjungi kabupaten dalam rangka memberi pengarahan dan petunjuk kepada 12 cabor yang baru dilantik serta cabor lainnya,”ujarnya.
Agar dapat dapat dilakukan pembinaan terhadap para atlet yang kedepannya diharapkan dapat membawa prestasi yang terbaik bagi banua.
Ia mengatakan dalam pelantikan 12 cabor ini terdapat 5 cabor baru yang kepengurusannya baru saja aktif.
Untuk cabor yang baru dilantik dan cabor-cabor lainnya H.Sani berharap agar dapat ditingkatkan pembinaan dan latihan agar dapat mencapai prestasi terbaik bagi Kabupaten Tabalong.
Ia mengatakan dengan dilantiknya lima cabang olahraga baru itu berarti jumlah olahraga dibina oleh Koni Tabalong menjadi 30, karena sebelumnya Koni Tabalong sudah mebawahi 25 cabor.
Dengan jumlah ini pula tambahnya berarti salah satu persyaratan untuk Tabalong dapat mencalonkan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X tahun 2017 mendatang sudah terpenuhi.
12 cabor yang baru saja dilantik adalah PSSI, PODSI, PELTI, Taekwondo (TI), PRSI, PGSI, Perbakin, IODI,Federasi Aero sport Indonesia (Fasi), Federasi panjat tebing Indonesia (FPTI), Perbasi, National Paralympic Committee (NPC). (metro7/Jnh)