PARINGIN – Jajaran pemkab balangan gelar rapat koordinasi tentang ruang lingkup pertanian dengan tema”Dengan semangat sinergitas kita capai swasembada pangan berkelanjutan di Kabupaten Balangan”.
Kepala Badan Penyuluhan Ketahanan Pagan Ir.H Sopyani mengatakan dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2014 ini akan menjadikan balai pertanian sebagai pusat informasi dari seluruh kegiatan didalam ruang lingkup pertanian guna mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan Kabupaten Balangan.
Sekda Balangan Ir.H Ruskariadi. Dalam sambutannya mengatakan dalam rangka untuk pencapaian program ini diperlukan kerjasama dengan tenaga kerja dilapangan yakni diantaranya dengan badan-badan penyuluhan, staf ataupun kasi dinas terkait.
Dalam PP NO 16 Tahun 2006 mengungkapkan tentang peraturan-peraturan yang mengatur ruang lingkup pertanian diantaranya pelaksanan tugas-tugas pertanian baik dalam ruang lingkup pertanian,perkebunan maupun perikanan,Hal tersebut dapat dilihat dari metode PRA.
Menurutnya Saat ini Balangan memiliki Perda lahan pertanian berkelanjutan seluas 15 ribu hektar dan telah dialiri dengan adanya bendung pitap dan sudah memiliki irigasi primer dan irigasi skunder. (metro7/sri/