BARABAI – Dalam rangka untuk meningkatkan program KB di kabupaten Hulu Sungai Tengah, BKBPP dan PA HST bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK HST mencanangkan Bhakti Sosial yang resmi dibuka oleh Bupati HST H. Harun Nurasid yang diwakili oleh Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo di Halaman Kantor Kecamatan Barabai. Selasa (11/11).
Acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-KES tingkat kabupaten HST ini dilaksanakan untuk memberikan pelayanan KB secara Gratis kepada masyarakat di kabupaten HST.
Kepala Badan KB, PP dan PA HST. Nurul Fauzi menjelaskan dalam laporannya mengungkapkan bahwa acara bhakti sosial ini juga ditujukan untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang mengikuti KB.
“Sasaran yang dituju dari kegiatan ini adalah seluruh lapisan masyarakat HST diutamakan pasangan usia subur, juga meningkatnya partisipasi pria dalam program KB turut menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan ini” ujarnya.
Adapun sasaran PKK KB-Kes tahun ini menurut Nurul Fauzi adalah 577 akseptor yang terdiri dari IUD dengan 98 Akseptor, MOP dengan 8 Akseptor dan Implan sebanyak 471 akseptor.
Sementara itu Sekretaris Daerah HST ketika membacakan sambutan dari Bupati HST sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam hal memperbaiki ekonomi dan pembangunan di HST lewat pelayanan KB secara gratis.
“Program KB tidak hanya dilakukan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk, tapi juga berdampak terhadap peningkatan pangan dan tingkat kesejahteraan keluarga,” ujarnya sekaligus membuka kegiatan bhakti sosial tersebut,
Turut berhadir pada acara itu perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Selatan Kabid Pengendalian Penduduk, Mila rahmawati , Dandim 1002/Barabai Letkol Inf. Krido Pramono, Tim Penggerak PKK HST, Persit Candra Kirana dan Unsur SKPD HST. (AdvHumHST)