TANJUNG – Sabirin HA Syukran Nafis berhasil terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Tabalong – Balangan dalam Konferensi Kabupaten (Konferkab) III PWI Kabupaten Banua Enam di Aston Tanjung City Hotel, Sabtu, (15/11) kemarin.
Acara tersebut dirangkai dengan Pelatihan Jurnalistik dan Ujian Anggota Muda PWI, dimana Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani membuka secara resmi Konferkab III dengan memukul Gong dan pengalungan tanda peserta kepada dua orang peserta ujian anggota muda PWI, didampingi Sekretaris PWI Cabang Kalsel Ir Zainal Helmi, Ketua DPRD Tabalong H Darwin Awie, Dandim 1008 Tanjung dan Kapolres Tabalong. 
Dalam sambutannya Bupati Tabalong menekankan akan pentingnya tugas dan fungsi pers sebagai kontrol pemerintah. Pers juga sebagai perwujudan demokrasi yang mempunyai andil besar dalam pembangunan sekarang ini.
“Saya sangat mendukung keberadaan pers di daerah ini, dan dalam menjalankan kontrolnya saya sudah intruksikan kepada seluruh jajaran SKPD agar terbuka dan transparan kepada semua wartawan apabila mereka memerlukan informasi,” kata orang nomor satu di kabupaten Tabalong ini.
Sebagai perwujudan perhatian dan dukungannya, bupati Tabalong Anang Syakhfiani pada tahun 2015 ini akan membangunkan sebuah gedung megah berlantai dua dengan nama ‘Balai Wartawan’, yang peletakan batu pertama akan dilakukan pada puncak Hari Pers Nasional Daerah (HPN) Tahun 2015 yang akan dilaksanakan pada bulan Maret atau April 2015 mendatang di Tanjung kabupaten Tabalong.
“Pembangunan gedung Balai Wartawan ini sebagai apresiasi pemerintah Tabalong kepada jajaran pekerja pers di daerah ini, ditambah dengan pembangunan gedung futsal untuk para wartawan. Semua itu bukan berarti sebagai upaya untuk mengekang kebebasan pers, tetapi sebagai wujud dukungan dan kepedulian saya kepada keberadaan pers,” tutur Bupati Anang Syakhfiani.
Sebelumnya Ketua PWI Cabang Kalsel yang diwakili oleh Sekretaris PWI Cabang Kalsel Ir Zainal Helmi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian Bupati Tabalong pada dunia jurnalistik selama ini.
“Atas nama seluruh jajaran pers di Kalimantan Selatan saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani atas dukungan dan kepeduliannya kepada dunia pers selama ini, dan atas bersedianya menjadi tuan rumah pada HPND 2015 mendatang,” ujarnya.
Pria yang akrab di panggil Helmi ini menekankan kepada seluruh insan pers agar benar-benar menjaga  etika dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, dan selalu mengedepankan azas praduka tak bersalah dalam menjalankan tugas jusnalistik.
Tidak hanya itu, Helmi juga menjelaskan bahwa Konferkab yang dilaksanakan merupakan agenda rutin PWI Kabupaten Banua Enam dan dirangkai dengan kegiatan pelatihan jusnalistik dan ujian anggota muda PWI.
Pada kesempatan yang lain, Ketua Pelaksana Sabirin HA Syukran Nafis menjelaskan bahwa kegiatan Konferkab III PWI Banua Enam dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 15 dan 16 Nopember 2015 di Aston City Tanjung Hotel.
Kegiatan Konferkab bertujuan untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dilaksanakan, memilih ketua dan pengurus PWI yang baru serta mendengarkan pertanggung jawaban pengurus periode 2011-2014.
Sedangkan Tujuan pelatihan Jurnalistik Untuk Wartawan adalah untuk memberikan pelatihan dasar ilmu jurnalistik, pembekalan rambu-rambu bagi pekerja pers yang terdiri dari Kode Etik Jurnalistik dan pemahamanan akan UU No.40 tahun 1999 tentang pers, sehingga akan terlahir wartawan dan insan pers yang profesional, berdedikasi, dan beretika.
Dan Ujian Anggota Muda PWI adalah untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Banua Enam ini agar benar-benar mampu menjadi seorang wartawan yang profesional dan menunjung tinggi kode etik jurnalistik sebagai rambu-rambu dalam menjalankan profesi sebagai pekerja jurnalistik.
Pelatihan Jurnalistik dan Ujian Anggota Muda PWI tersebut diiikuti oleh 42 wartawan di Banua Enam dan dihadiri oleh Kepala Bagian Humas se-Banua Enam, unsur muspida, kepala SKPD dan Dinas/Instansi serta sejumlah undangan. (Metro7/sri/sari)