BARABAI – Dinilai sebagai daerah yang terbaik dalam mengelola pertanian, Kabupaten HuluSungaiTengah (HST)  kembali terpilih sebagai nominator peraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2014.  HST bahkan satu-satunya daerah yang mewakili Kalsel dalam kompetisi pada penghargaan tertinggi dibidang pangan tersebut.
Bupati HST H. Harun Nurasid langsung yang menyampaikan eskposenya Adhikarya Pangan Nusantara (APN) di Bidakara Jakarta kamis kemarin (13/11). Tidak tanggung-tanggung, tim penilai yang harus dihadapi Harun terdiri dari berbagai unsur, yaitu dari perguruan tinggi, pengamat lingkungan, media cetak dan elektronik dan dari kementrian yang  berwenang terutama di bidang pertanian dan ketahanan pangan.
Dalam eksposenya, Bupati H. Harun Nurasid mengatakan bahwa untuk tahun ini HST kembali berhasil surplus beras sebesar 4,15 %, dengan produksi padi sebesar 218.281 ton, produksi palawija yang juga meningkat, begitu juga dengan perkembangan produksi daging sebesar 6,15 % dan ikan sebesar 3,29 %.
Hal ini cukup berdasar karena sesuai dengan survey yang dilakukan BPS HST termasuk hal yang menggembirakan yaitu turunnya jumlah pengangguran HST yang hanya 1,74 % dan jumlah penduduk miskin HST yang kini hanya 5,57 %.
Semuanya dilakukan dengan perjuangan yang sangat berat dan tanpa adanya pertambangan, namun kita tetap mampu mempertahankan bahkan mampu meningkatkan PAD, jadi sangatlah wajar kalo HST optimis untuk kembali dapat meraih APN tersebut ujar Bupati H. Harun Nurasid yang didampingi beberapa rombongan Kepala SKPD terkait dari HST.
“Kita optimis dapat meraih semua ini, untuk itu kepada seluruh masyarakat HST agar turut mendo’akan, karena tidak mungkin kita berhasil tanpa dukungan semua pihak dan pada akhirnya semuanya kita persembahkan untuk masyarakat HST,” harapnya usai ekspose. (AdvHumHST)