AMUNTAI –  Sabtu (22/11) Dinas Pasar dan Tata Kota (DPKT) Kabupaten Hulu Sungai Utara laksanakan Sosialisasi pengelolaan persampahan yang bertempat di Di Aula Kecamatan Amuntai Tengah, diikuti peserta dari berbagai kalangan yakni, kepala Desa,Lurah dan Aparatur Desa.
Kepala Dinas Pasar dan Tata Kota Drs,H Hasmy Rifai M.Si menyampaikan arahan sekaligus sambutannya mengatakan bahwa pengolahan sampah tidak bisa tanpa partisipasi masyarakat, diharapkan ini nanti bisa dilaksanakan ini ke Desa-desa
Pihaknya telah menentukan lokasi tempat pembuangan sampah (TPS)  ditambah beberapa petugas sampah, untuk waktu pembuangan sampah jam 18.00 wita sampai 06.00 wita, “kalau bisa jangan sampai lewat waktu yang telah ditentukan,sehingga petugas kami tidak dapat memungutnya,Hal seperti ini yang akan kami sosialisasikan,” ungkapnya kepada wartawan.
Menurutnya, selama ini sampah dianggap masyarakat bersifat kotor, sebenarnya sampah tidak juga semua seperti itu, sampah juga bisa menambah penghasilan dan manfaatkan sampah menjadi olahan, serta bagaimana limbah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. “Modahan para peserta dapat menimba ilmu,dan ketika kembali bisa menyesosialisasikan dilingkungan tempat tinggalnya,” harapnya.
H.Abdullah Basyri pemerhati lingkungan asal dari kota Kandangan Kabupaten  HSS selaku pemateri menerangkan secara rinci tentang sampah organik dan an-organik, dan pesertapun langsung melaksanakan praktik cara penghancuran beberapa sampah yang telah ditentukan. (metro7/awir).