Memaknai Hari Jadi

0
11
 Oleh : Sabirin HA Syukran Nafis
Pada tanggal 1 dan 2 Desember 2014 ini merupakan Perhelatan Akbar Hari Jadi tiga kabupaten di Kalimantan Selatan. Keberagaman dalam keberhasilan di tiga kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Laut ini membuktikan hasil nyata dalam konpetensi mensejahterakan masyarakatnya.
Keberhasilan sebuah daerah baik itu peningkatan kesejahteraan masyarakatnya ataupun persaingan membangun daerahnya tentu saja didukung dengan hasil sumber daya alam (SDA) masing-masing daerah. Tidak terlepas dari sumber daya manusia (SDM) dan dukungan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menunjang semua program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat, propinsi maupun pemerintah daerahnya.
Tiga kabupaten ini mempunyai kesamaan dan kemiripan dalam potensi sumber daya alamnya. Batubara adalah produk lokal yang banyak memberikan harapan dan kontribusi dalam menunjang pendapatan daerah, hal ini disamping sektor perekonomian masyarakat berkembang pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan-perusahaan pertambangan batubara yang ikut serta gencar menunjang pembangunan daerah dengan program-program Corporate Social Responsibility (CSR).
Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten paling ujung di propinsi Kalimantan Selatan mempunyai SDA yang sangat besar. Bayangkan saja, dengan potensi batubaranya yang mencapai milyaran metrik tone ini menjadikan Tabalong sebagai kabupaten yang mempunyai masa depan yang cerah. Tidak hanya potensi batubara, berdasarkan uji analisis dari Dinas Pertambangan Tabalong juga memmpunyai potensi hasil tambang lainnya seperti Minyak Bumi, Gas, Emas, Nikel, Bijih Besi dan Marmer, dan mungkin hasil tambang lainnya dengan nilai deposit yang beragam. Hal inipun tidak berbeda dengan kabupaten HSS dan Tanah Laut yang mempunyai potensi SDA melimpah ruah.
Tetapi, dengan hasil alam yang melimpah, bukan justru membutakan mata dan hati nurani kita untuk mengkesampingkan hak-hak masyarakat. Pemerintah dituntut untuk mengelola hasil kekayaan itu sebaik-baiknya yang tujuannya yang tentu saja untuk kesejahteraan masyarakatnya.
Pada Hari Jadi Kabupaten ini, berbagai harapan dan impian masyarakat agar dapat hidup sehat, pintar dan sejahtera terus menjadi harapan mereka. Kehidupan yang lebih layak dan lebih baik hendaknya bukan menjadi impian lagi. Masyarakat sudah waktunya untuk dapat menikmati dan ikut serta mencicipi kue-kue pembangunan yang diprogramkan pemerintah daerah. Minimal dalam skala prioritas pemerintah daerah harus menomorsatukan kesejahteraan masyarakat secara nyata, bukan dalam tulisam atau ucapan saja, tetapi harus betul-betul dilakukan dan dikerjakan secara nyata. Semoga. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here