BARABAI – Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) Barabai, secara resmi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2015. Senin (22/12) di Auditorium Kantor Bupati hulu Sungai Tengah. Acara penyerahan DIPA ini merupakan tahap akhir dari rangkaian siklus perencanaan penganggaran dan langkah awal dari pelaksanaan kegiatan pemerintahan pada tahun 2015, untuk wilayah Kabupaten HST. Kegiatan sendiri dihadiri langsung oleh Bupati HST, H. Harun Nurasid, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalsel Kiswandoko, Kepala KPPN Barabai Khairil Indra, beserta jajarannya, serta para pengguna / kuasa anggaran baik OPD di HST.
Menurut Khairil Indra Penyerahan DIPA kepada masing – masing pengguna anggaran dilaksanakan lebih awal, sebelum tahun anggaran 2015 dimulai. Hal ini merupakan komitmen bersama untuk memastikan agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai tepat pada waktunya dan seluruh satuan kerja bisa segera mengesekusi rencana – rencana yang sudah ditetapkan dalam DIPA sesuai dengan tugas dan fungsinya masing – masing.
“ Berkaitan dengan DIPA Tahun anggaran 2015  jumlah yang diserahkan sebanyak 59 DIPA dengan total pagu sekitar Rp, 204,6 milyar untuk Satuan Kerja (SATKER) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang terbagi dalam tiga rincian diantaranya DIPA Satker K/L, sebesar Rp. 201,9 milyar, DIPA tugas pembantuan dengan total sebesar Rp. 2,7 milyar,“ jelasnya.
Sedangkan menurut Bupati HST, H. Harun Nurasid. yang berkesempatan hadir dalam penyerahan DIPA tersebut, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa membangun dan merancang sebuah anggaran harus dengan keyakinan serta memprioritaskan kebutuhan dasar terutama untuk kepentingan publik.
“ Salah satu cara dalam membuat sebuah anggaran adalah dengan keyakinan dan prioritas utama, salah satunya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan dasar yaitu kepentingan publik atau kepentingan masyarakat sehingga negara harus mampu merancang sebuah anggaran yang berdasarkan kebutuhan sehingga anggaran tersebut bisa diserap sesuai rancangan dan prioritaskan kepentingan publik seperti infrastruktur serta berbagai penunjang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “, pungkasnya.
Pada kesempatannya Bupati HST menyerahkan secara simbolis DIPA kepada Satker yang didampingi oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalsel Kiswandoko dan Kepala KPPN Purwakarta yang dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas dari kedua belah pihak serta penyerahan Passwaord dan Username untuk aplikasi OM SPAN antara KPPN dan pengguna /kuasa anggaran DIPA.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Harun juga menyerahkan piagam penghargaan untuk kategori Kinerja Penyerapan Anggaran terbaik dengan Peringkat Pertama adalah Pengadilan Agama Barabai dan Peringkat kedua adalah MIN Awang Baru.
Semntaraitu MIN Wawai Gardu, Min Binjai Pamangkih, dan MIN Rangas Dalam juga mendapatkan Piagam Penghargaan untuk Kategori Kinerja Penyusunan Laporan Keuangan terbaik. (AdvHumHST)