TANJUNG – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kegiatan penyambutan tahun baru 2015 kali ini tidak semeriah dengan berbagai kegiatan hiburan maupun pesta kembang api nyang berlebihan, namun bagi masyarakat Bumi Saraba Kawa pada Rabu malam (31/12) kegiatan menyambut malam tahun baru dilakukan dengan bamasakan untuk makan bersama di berbagai tempat nampak terlihat sejumlah warga melaksanakan acara bamasakan baik di depan rumah maupun di pos-pos Siskamling dan di persimpangan-persipangan jalan.
Berdasarkan pemantauan tim Metro7 kegiatan bamasakan melalui urunan warga di beberapa desa, gang dan kecamatan membaur anak-anak, remaja dan orang dewasa bersama-sama secara bergotong royong memasak nasi dan lauk pauk sebagai santapan makan bersama melepas tahun 2014 dan menyambut tahun baru 2015 yang diharapkan kedatangan tahun baru membawa kearah yang lebih baik lagi.
Begitu pula bagi masyarakat yang bermukim di sekitar komplek kecamatan Tanta RT 01 mereka juga melaksanakan kegiatan serupa mengambil tempat di depan pos kamling, disamping bamasakan ada juga penampilan musik karaoke organ tunggal dengan beberapa orang penyanyi yang melantunkan lagu-lagu energiknya menambah suasana semarak menyambut tahun baru 2015.
Kegiatan bamasakan dan sekedar berhibur bersama itu dikoordinir salah seorang warga Tanta Amat. Menurut penuturannya kepada Metro7 disela-sela kegiatan bamasakan malam itu pihaknya dengan warga lainnya bersama-sama urunan  memberikan sekedar sumbangan berupa dana yang keseluruhannya digunakan untuk bamasakan dan hiburan.
Camat Tanta Muhammad Rusli beserta unsur muspika malam itu berkenan hadir membaur bersama-sama warga untuk makan dan menikmati hiburan yang sangat sederhana, ia pun turut tampil dan menikmati hiburan yang sangat sederhana, ia pun turut tampil menyanyikan sebuah lagu yang berjudul angka satu, dan juga ia menyampaikan sambutan singkat dihadapan warganya.
Muhammad Rusli mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan, sekaligus syukuran dalam rangka menyambut tahun baru, seraya mengajak warga berdoa dan berharap tahun yang akan datang rejeki kita semua bertambah banyak, diberikan kesehatan, keselamatan dan dihindarkan dari segala marabahaya, dan Alhamdulillah malam ini kita bisa berhibur dan makan bersama.
Menelusuri sepanjang jalan di kota Tanjung tim Metro7 juga melihat di beberapa titik pinggiran jalan, kegiatan  bamasakan dan hiburan music karaoke, juga terlihat di depan kantor perusahaan, instansi juga melaksanakan kegiatan bamasakan dan makan bersama sebagai rasa seputar kedatangan tahun baru 2015, termasuk di kantor Dinas PU Tabalong yang melaksanakan makan sate bersama, hadir juga Kepala Dinas PU Tabalong H.M.Noor Rifani ditengah-tengah karyawan pada malam tahun baru.
Menurut H.M.Noor Rifani kita semua perlu bersyukur dengan berakhirnya tahun 2014 dimana tugas pokok pekerjaan Dinas PU sudah terlaksana diatas 90%. Dan mudah-mudahan di tahun 2015 yang kita akan hadapi lebih baik lagi.
“Kami baru saja selesai melaksanakan shalat hajat bersama,”ujar H.M.Noor Rifani sambil menikmati hidangan sepiring sate, saat menyambut malam tahun baru di kantor Dinas PU Tabalong.
Sementara itu di Taman Kota Tanjung Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan hiburan rakyat dengan mendatankan kesenian mayang kulit dari Barikin yang disaksikan oleh para penggemar wayang dari berbagai penjuru di Tabalong. (Metro7/Via)