BARABAI – Keberadaan Posyandu (Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu) saat sekarang ini sangat berperan penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat terutama bagi ibu-ibu  dan anak balita. Tim Penggerak PKK HST bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar Temu Refereshing Kader Posyandu di Gedung Sasana Krida Barabai. Selasa (30/12)
Bupati kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), H. Harun Nurasid mengungkapkan peranan Posyandu terbukti dengan berkurangnya angka kematian ibu hamil dan menurunnya jumlah balita yang kurang gizi serta meningkatnya kesehatan ibu dan anak balita, dan pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK HST yang diketuai Hj. Tintainah Harun Nurasid yang juga hadir pada kegiatan itu turut berperan serta dalam menjaga keaktifan para kader posyandu di HST.
“Kita patut berbangga karena dari tahun ke tahun kader posyandu terus meningkat, tentunya pertemuan kader posyandu ini ini sangat bermanfaaat untuk kemajuan posyandu, dan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para kader yang telah ikhlas mengorbankan waktunya dalam mengelola kegiatan Posyandu,” ujarnya
Dihadapan 2275 orang kader Posyandu, orang nomor 1 di HST ini juga mengapresiasi kesuksesan posyandu dalam pembangunan kesehatan masyarakat HST, menurutnya hal tersebut tentu tidak datang begitu saja tanpa didukung oleh kader-kader yang kreatif dan inovatif dan partisipasi aktif masyarakat.
“Tentunya pencapaian ini harus selalu ditingkatkan oleh 408 posyandu yang tersebar di seluruh desa di kabupaten HST, dan untuk mendukung hal ini pemkab HST menganggarkan 600 juta rupiah untuk Posyandu pada tahun 2014 ini,” tuturnya sekaligus membuka kegiatan tersebut.
Kepala Dinas Kesehatan HST Kusudiarto dalam laporannya 2275 orang kader posyandu ini terdiri dari 1783 orang kader posyandu balita, 160 orang kader posyandu lansia dan 332 orang kader desa siaga.
“Terlaksananya pertemuan refreshing kader posyandu dan desa siaga se kabupaten HST merupakan upaya meningkatkan kemampuan dan kinerja kader dalam kegiatan Upaya kesehatan bersumber masayrakat , Selain itu hari ini juga dibagikan honorarium kepada para kader posyandu dan kader desa siaga,”
Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan honor kegiatan bulanankepada kader posyandu dan desa siaga yang secara simbolis diberikan oleh ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid dengan honor perorang sejumlah 340 ribu rupiah untuk kader desa siaga dan 265 ribu rupiah untuk kader posyandu.(AdvHumHST)