TANJUNG – Para PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kabupaten Tabalong yang sudah memasuki masa pensiun, maka tak perlu repot-repot lagi mengurus klim nya ke Kantor TASPEN (Tabungan Asuransi Pegawai Negeri) Banjarmasin. Sebab, kini semua layanannya sudah ada di Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) setempat, yakni lewat layanan mobil (Mobile Service) milik PT TASPEN Persero.
Mobil layanan TASPEN yang melayani secara online dan jemput bola tersebut selain melayani pengurusan pencairan danapensiun, juga pencetakan kartu peserta TASPEN, pengurusan mutasi kantor bayar, pengurusan mutasi keluarga, pencetakan SPT pajak tahunan, pengkinian data (SPTB) serta pelayanan Informasi serta sosialisasi hak dan kewajiban peserta.
“Jadi tak perlu lagi ke Banjarmasin bila mau mengurus atau mau mendapat layanan dari TASPEN silahkan saja ke Kantor BKD Tabalong. Disitu ada terparkir mobil layanan kami,” ucap Stap Pelaksana Layanan Mobil TASPEN, Joko Pranoto saat ditemui di Halaman Kantor BKD Tabalong, Selasa (13/1).
Layanan jemput bola TASPEN yang bekerjasama dengan BKD tersebut baru dimulai 2015 ini untuk layanan ke semua Kabupaten se Kalsel. Untuk penjadwalan layanannya dilakukan sebulan dua kali, dan untuk Tabalong dibulan Januari ini pada tanggal 13 dan 27. Lalu Pebruari dilaksanakan tanggal 10 dan 26, kemudian Maret pada tanggal 12 dan 26. Dan April pada tanggal 10 dan 28.
“Sebulan dua kali semua daerah secara bergantian kita datangi.Adapun pelayanannya dilakukan dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 wita,” ucap Joko lagi.
Hasil kerjasama TASPEN dan BKD daerah tersebut juga menyebut apabila mobil layanan TASPEN tidak sedang berada di Kantor BKD setempat, maka berkas dokumen dapat diserahkan atau dititipkan langsung ke BKD setempat.
Kepala BKD Tabalong, Ahmad Rizali Noor saat dikonfirmasi menyebutkan layanan jemput bola TASPEN ini sangat membantu dalam pengurusan layanan TASPEN bagi para PNS khususnya para PNS yang agak tua atau menjelang masa pensiunnya.
“Jadi tidak perlu lagi mengurusnya ke Banjarmasin, langsung datang saja ke BKD untuk mendapatkan layanan TASPEN,” katanya sembari menyebut tiap bulannya ada sekitar 40 orang PNS Tabalong yang masuk masa pensiun. (Metro7/humas)