BARABAI – Dalam rangka ikut mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Dewan Pengurus Cabang Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) kabupaten HST mengadakan pelatihan kewirausahaan masyarakat (PKM)
dan pendidikan kecakapan hidup (PKH). Pembukaan kegiatan tersebut dilaksakan di Pendopo Kabupaten HST. Kamis (8/1).
Fathurahman Ketua Panita Pelaksana dalam laporannya tahun ini LKP di HST kembali dipercakan untuk melaksanakan kegiatan PKH dan PKM dari Kementerian Pendidikan Nasional Melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen PAUD.
“Dua Kegiatan pelatihan ini bersumber dari APBN dengan total anggaran masing – masing untuk pelaksana PKM sebesar 48 juta rupiah dan PKH sebesar 51 juta rupiah, dengan tujuan memberdayakan tenaga potensial produktif dari umur 18 sampai dengan 35 tahun,” ujarnya.
Sementara itu Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Farida, mengungkapkan perbedaan mendasar dari dua program ini adalah PKM diwajibkan melaksanakan magang bagi peserta sedangkan untuk PKH diwajibkan untuk pelaksanaan uji kompetensi.
“PKH dan PKM tahun 2014 ini memang mengalami sedikit keterlambatan dalam pencairan dana sehingga pelaksanaannya dilaksanakan pada tahun ini, namun kami sangat mengharapkan dengan adanya program ini dapat menambah tenaga kerja siap pakai di Kalimantan Selatan khususnya di kabupaten Hulu Sungai Tengah,” tuturnya.
Sementara itu Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya yang dibacakan oleh asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Hasbi menuturkan masalah pengangguran merupakan masalah bersama dan menjadi tanggung jawab  pemerintah, swasta maupun  masyarakat.
“Dari sisi tanggung jawab pemerintah, telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan ketrampilan kerja. Pemerintah daerah tentunya juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di HST. Sehingga kewirausahaan di daerah kita ini dapat  terus berkembang,” ujarnya. (AdvHumHST)