KANDANGAN – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar Kandangan,  Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan rehabalitasi  blok  pasar beras yang ada di Kawasan Losbatu Kandangan.
Sebagai tanda dimulainya pengoperasian, Bupati HSS H Achmad Fikry Senin (19/1) langsung turun kelapangan untuk meresmikan penggunaanya. Peresmian ini, juga dihadiri oleh Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsad dan Wakil Bupati H Ardiansyah S Hut beserta Sekretaris Daerah (Sekda) HM Ideham.
 Tidak itu saja, beberapa kepala SKPD dan para pedagang beras yang ada di pasar juga turut hadir dalam peresmian tersebut.
Kepala Dinas Perindustrian Perdangan dan UKM Kabupaten HSS Sasmi Rifani, dalam laporannya mengatakan, pembangunan pasar merupakan upaya pemerintah daerah untuk merevitalisasi pasar-pasar tradisional yang ada di HSS. Tujuannya adalah untuk menjadikan pasar tradisional yang lebih berkualitas dan nyaman serta aman dikunjungi oleh masyarakat.
Menurut Sasmi Rifani, dana yang digunakan berasal dari APBD tahun 2014  sebesar Rp. 1,696.951.000 dengan rincian Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 1,541.773.000 dan APBD Rp 154.178.000. Dengan dana tersebut, pemerintah daerah berhasil membangun sebanyak 51 buah kios sesuai jumlah pedagang yang ada.
Bupati Achmad Fikry dalam sambutannya mengatakan, pasar blok beras ini direhab untuk membuat lebih nyaman dari sebelumnya. Dulu, kata bupati, pasar blok beras ini keadaannya tertutup, namun sekarang bangunannya sudah terbuka, sehingga memudahkan bagi pembeli dan pedagang untuk melakukan transaksi.
“ Saya berharap, bangunan baru ini dapat diisi oleh pedangang, dan aula ini bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat,” ujarnya.
Dalam sambutannya ini Achmad Fikry mengatakan, para pedagang harus bisa menjaga kebersihan lingkungan pasar, sehinga pasar bisa terlihat bersih dan tertata rapi. (metro7/fit)