TANJUNG – Kabupaten Tabalong memastikan diri sebagai penyelenggara HPND (Hari Pers Nasional Daerah) 2015 dan digelar pada Maret nanti. Beragam persiapan pun mulai dimatangkan, baik terkait kegiatan maupun pembiayaan HPND yang semuanya bakal disuguhkan kepada masyarakat demi pemahaman akan hak-hak publik atas media yang sehat dan kehidupan pers yang profesional, maju dan mandiri.
Selain bakal mengenalkan pers kepada masyarakat luas, dalam kegiatan HPND di Bumi Sarabakawa nantinya juga akan menitik beratkan pada kegiatan yang berbasis pendidikan untuk kalangan wartawan, humas SKPD, Guru dan pelajar.
 Adapun bentuk kegiatan HPND nantinya yakni seperti pelatihan jurnalistik untuk pelajar dan guru, serta pameran foto pembangunan Kabupaten Tabalong, pelatihan membuat release untuk humas, termasuk beragam lomba seperti jalan sehat serta futsal antar wartawan se Kalsel dan lomba fotografi kalangan umum.
“Pada acara puncaknya akan kita gelar apel bersama sekaligus melakukan sesuatu yang bermanfaat. Termasuk acara yang bakal memecahkan rekor muri, semisal seluruh pelajar Tabalong membuat tulisan yang memberi masukan serta kritikan kepada Pemerintah,” kata Ketua Ketua PWI Kalsel, Fathurrahman saat rapat persiapan HPND 2015 antara PWI Kalsel, PWI Tabalong-Balangan bersama jajaran Pemkab Tabalong yang dipimpin Wakil Bupati H Zony Alfianoor dan pihak-pihak Perusahaan pada Rabu (22/1) tadi.
 “Sebagaimana diatur dalam UUD 1945 diimplementasikan dalam UU No 40 1999 tentang Pers. Kami juga berharap agar Hari Pers Nasional ini nantinya dapat digelar sama dengan halnya hari-hari nasional lainnya yakni semua Daerah bisa menggelarnya dengan acara apel bersama,” katanya lagi.
Hari Pers Nasional itu berawal pada pada Kongres PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) ke 16 pada salah satu butir keputusannya di 1978 tersebut ialah menentukan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.
 Hari Pers Nasional pun akhirnya diselenggarakan setiap tahun dengan ketetapan Kepres RI Nomor 5 Tahun 1985. Sama dengan Hari Pers Nasional, maka Hari Pers Nasional Daerah pun digelar dengan semangat yang sama, yakni digelar di Kabupaten yang berbeda pada tiap tahun puncak peingatannya.
HPND juga dimaksudkan untuk lebih memasyarakatkan pers, dan dalam rangka membantu percepatan pembangunan di daerah, juga mencerdaskan dan mensukseskan cita-cita bangsa. (humas/ami)