TANJUNG – Keberadaan hutan kota yang telah diprogramkan oleh pemerintah daerah kabupaten tabalong dikawasan bataman kecamatan murung pudak terus dikerjakan secara bertahap oleh perusahaan PT Pamapersada Nusantara.
Hutan kota yang nantinya diharapkan sebagai kawasan hijau dan sejuk tersebut bisa dijadikan tempat berbagai kegiatan rekreasi maupun tempat berolah raga.
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) PT Pamapersada Nusantara (PT Pama) Mulyana Rusman saat dihubungi awak Metro7 via telpon Selasa (24/03) mengatakan beberapa tahapan pembangunan hutan kota sudah dikerjakan, yang selanjutnya akan membangun beberapa fasilitas tempat hiburan seperti air mancur, kolam tempat pemancingan, tempat untuk berolah raga termasuk pembuatan pintu gerbang. Ia menambahkan pembangunan lanjutan akan dikejakan setelah dilakukan kegiatan penilaian adipura tahun ini, pihak PT Pama juga akan melakukan pembersihan di bawah pohon-pohon sehingga bisa dijadikan tempat santai bagi poengunjung.
Mulyana Rusman berharap partisipasi dari kalangan masyarakat yang peduli lingkungan untuk turut menanam pepohonan di lokasi hutan kota, kepedulian masyarakat tabalong tentu sangat kami harapkan ujarnya karena kalau pembangunan hutan kota sudah terwujud bisa dijadikan icon dan kebanggaan masyarakat tabalong. Pihak perusahaan PT Pama lanjutnya sudah menanam beberapa jenis pohon seperti kelapa salak, stroberi, sawo, mahoni dan beberapa jenis pohon langka seperti bengkirai bahkan bibit tanaman kayu ulin pun sudah disiapkan.
Dikawasan hutan kota disamping pohon-pohon langka yang akan ditanam termasuk juga tanaman pohon-pohon yang terbilang unik, pungkasnya.
Sementara itu Plt Kepala Distakober Kabupaten Tabalong Rahmadi Amir melalui Kabid RTH Iriadi menjelaskan, untuk kelanjutan pembangunan hutan kota diatas tanah milik Pemkab itu ada disalah satu titik lokasi yang harus dibersihakn dan diselesaikan terlebih dahulu. Mengenai aset milik Pemkab yaitu sarana pencucian mobil yang perlu dibongkar.
Diharapkan penanaman pohon dilakukan oleh PT Pama setiap jenis pohon hendaknya cukup ditanam dua pohon saja sehingga lokasi hutan kota bisa tertanami berbagai jenis pohon termasuk pohon-pohon yang langka.
Disamping itu setiap jalur penanaman pohon dilokasi hutan kota harus dibersihkan dan kalau perlu ditanami juga rumput gajah dan dibuatkan yempat naungan berbentuk cendawan agar supaya pengunjung nanti bisa duduk-duduk bersantai. Iriadi meminta agar pohon-pohon kecil yang sudah tumbuh ditebangi tinggal pohon-pohon besar yang perlu dirawat sehingga kebersihan hutan kota bisa terjaga, kita ini apa yang dilaksanakan supaya bermanfaat maksimal.
Hutan kota juga diharapkan bisa menjadi tempat kegiatan belajar penelitian disamping tempat hiburan dan rekreasi ujar Iriadi. (metro7/via)