TANJUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Tabalong dalam upaya melakukan peningkatan pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat, dimana dalam hal itu ada sebanyak 24 orang tenaga honorer kontrak sebagai operator komputer ditempatkan di masing-masing kecamatan sebanyak dua orang, guna memberikan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan (SIAK).
 Untuk melakukan evaluasi kinerja tenaga operator SIAK, Disdukcapil memprogramkan setiap tiga bulan (triwulan) sekali diadakan rapat koordinasi (Rakoor) bersama dengan semua tenaga operator, seperti halnya Kamis (28/05) tadi, bertempat di aula pelayanan Disdukcapil kabupaten Tabalong dilaksanakan Rakoor triwulan yang dipimpin Kepala Disdukcapil H.Suryanadie dan didampingi Kepala Bidang Kependudukan Husaini dan Kasi Kependudukan.
 Dalam rakoor seperti biasanya dilakukan evaluasi kinerja pelayanan bagi semua petugas operator yang tujuannya untuk peningkatan dan perbaikan pelayanan terhadap masyarakat.
Secara terpisah Kepala Disdukcapil kabupaten Tabalong H.Suryanadie kepada Metro7 menjelaskan, kegiatan rapat koordinasi per triwulan, rutin dilaksanakan, guna melakukan evaluasi kinerja pelayanan baik di lingkungan Disdukcapil maupun kinerja pelayanan bagi petugas operator yang ada di semua kecamatan, sistem pelayanan administrasi kependudukan dalam prakteknya diprioritaskan bagi kecamatan-kecamatan yang agak jauh seperti kecamatan Banua Lawas, kecamatan Jaro. 
Untuk melayani masyarakat yang datang dari kecamatan yang agak jauh Disdukcapil memastikan pelayanan administrasi kependudukan bisa selesai dalam satu hari dengan catatan, mereka datang pagi hari, kemudian persyaratan lengkap, peralatan tidak rusak dan jaringan tidak ada gangguan terang H.Suryanadie.
 Ia pun menambahkan saat ini telah diluncurkan SMS pelayanan untuk mendapatkan informasi tentang administrasi kependudukan di Disdukcapil, dengan adanya SMS tersebut masyarakat bisa langsung mangakses informasi administrasi kependudukan dengan cara ketik info …. Kirim ke 081250455000, dengan diluncurkannya SMS tersebut masyarakat bisa langsung mendapatkan semua informasi yang berhubungan dengan pelayanan administrasi kependudukan. (metro7/via)