BARABAI — Sebanyak 52 orang pengurus Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (DPC HARPI)  Melati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dilantik secara resmi oleh ketua DPD Harpi Kalsel Darmatasiah dan dikukuhkan oleh kepala Dinas Pendidikan HST Dia Udini, bertempat di Gedung Olahraga Sasana Krida, Barabai. Selasa (19/5).
Pada kesempatan itu, turut berhadir ketua TP PKK HST HJ Tintainah Harun Nurasid beserta jajaran, kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata HST Rusmayadi, dan undangan lainnya.
Bupati HST H Harun Nurasid melalui Kepala Disporabudpar HST Rusmayadi menyampaikan bahwa Organisasi Harpi adalah organisasi profesi. Menurutnya, sebagai perias yang baik, diharapkan dapat menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia khususnya di HST.
“Para penata rias diharapkan dapat mengembangkan dan menggali potensi yang ada di HST, seperti halnya mengenalkan pakaian daerah asli HST, dan lainnya,” katanya.
Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan, melalui keahlian tat arias pengantin ini, secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja bagi penata rias.
“Manfaatkan sebagai promosi kebudayaan kita, dan jaga baik budaya asli kita,” harapnya.
Sementara itu, ketua DPC Harpi ‘Melati’, Widi, menuturkan, setelah kegiatan pengukuhan, akan dilaksanakan kegiatan fashion show kebaya kreasi kerudung dan casual hijab yang diikuti peserta se Banua Enam.
“Untuk fashion show dibagi dua kategori yaitu usia 6 sampai 13 tahun dan usia 14 sampai 25 tahun,” terangnya.
Sebelumnya, ketua DPD Harpi Kalsel, Darmatasiah juga mengungkapkan rasa bangga karena di HST, kepengurusan Harpi sangat aktif. “Mudah-mudahan, keahlian kita bisa lebih dikembangkan guna meningkatkan kreativitas para anggotanya dalam menciptakan berbagai kreasi tata rias pengantin dari kasanah budaya Indonesia,” ucapnya.AdvHumHST