BATULICIN –  Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) masa bhakti  2015 – 2020.
Terpilihnya Mardani sebagai Ketua Umum APKASI menyusul dilaksanakannya Musyawarah  Nasional (Munas) ke IV APKASI Tahun 2015, Selasa (12/5/2015) di Puri Agung Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.
Selain memilih Ketua Umum dan Sekretaris APKASI Masa Bhakti 2015-2020, Munas APKASI juga mengagendakan penyusunan rencana strategis APKASI dan menyusun rekomendasi yang akan disampaikan ke pemerintah.
Mardani  menjelaskan jabatan ketua umum APKASI merupakan sebuah amanah dari seluruh masyarakat  Indonesia. Pihaknya berjanji akan semaksimal mungkin menjalankan amanah  tersebut demi mendorong tercapainya kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.
“APKASI mampu eksis dalam  memperjuangkan kepentingan rakyat. Tidak hanya pada forum nasional namun juga forum Internasional. Salah satu kepentingan rakyat  yang diperjuangkan APKASI yaitu memperjuangkan UU Pilkada Langsung,” ujar Mardani.
Melalui APKASI, Mardani  juga berusaha ingin mengembalikan semangat otonomi daerah agar masing-masing kepala daerah dalam hal ini bupati dan walikota memiliki kewenangan penuh untuk membangun daerah dan melayani rakyatnya.
Karena seiring munculnya UU No.09 Tahun 2015 tidak sedikit kewenangan Bupati/Walikota yang ditarik atau dilimpahkan kepada Gubernur bahkan dikembalikan lagi kepada Pemerintah Pusat.
Sehingga hal ini, dianggap menjadi penghalang bagi pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun wilayah pemerintahanya.
Lebih dari itu, Mardani juga berkomitmen akan semaksimal mungkin menarik para nvestor baru agar mau berinvestasi di seluruh Kabupaten/kota yang ada di Indonesia.
Ucapan terimakasih juga tak lupa disampaikan kepada Ketua Umum APKASI sebelumnya, Dr. Ir. H. Isran Noor,M.Si yang selama ini sudah banyak memajukan keberadaan APKASI.
Turut menghadiri acara Munas APKASI 2015 Bupati dan walikota dari Seluruh Indonesia, Dewan Pengurus APKASI, dan  Dewan Pakar APKASI, serta Duta Besar RI untuk Republik  Seychelles, Nico Barito.
Munas APKASI juga dimeriahkan dengan APKASI International Trade And Investment Summit (IT IS) dan  Indonesia Invesment Week atau pameran potensi perdagangan dan investasi .
Pameran tersebut diagendakan berlangsung mulai tanggal  13 sampai dengan  15 Mei 2015 di JIExpo Kemayoran Jakarta.
 Peserta pamerannya berasal dari seluruh penjuru Pemerintah Kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi, Kementerian terkait, Perusahaan, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta dan Dalam Negeri, Perusahaan Asing dari ASEAN, China, Australia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat, perusahaan Anggota Kadin, dan Mitra Strategis Apkasi.
Pameran tersebut merupakan langkah strategis pemerintah daerah dalam menstimulasi peningkatan kegiatan bisnis dan investasi terkait upaya pemberdayaan semua potensi sumberdaya alam daerah.
Pelaksanaanya rutin setiap tahun, yang jumlah pesertanya tahun ini mencapai 142 pemerintah kabupaten dari seluruh Indonesia. (relhum)