TAMING LAYANG –  Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito  Timur. merupakan Desa tertinggal bahkan bisa dibilang termasuk katagori daerah terisolir kalu dibandingkan dengan Desa lainnya, karena kalau dilihat dari infrastruktur kemajuan pembangunan yang ada, untuk akses infrastruktur jalan darat masih belum ada.
Hal ini diungkapkan Kades Kalinapu Yasman. S. ketika ditemui Metro7 belum lama tadi, mengatakan pemerintah daerah masih belum begitu membidik untuk memperhatikan dalam hal percepatan pembangunan yang ada di Desa Kalinapu tersebut.
         “Oleh sebab itu dia sangat mengeluhkan dengan janji-janji dari Pemerintah Daerah pada sebelumnya, akan melakukan untuk rencana pembangunan Desa. hal tersebut juga selalu disampaikan pada setiap Reses kepada wakil rakyat dan juga saat dilakukan Musrembang tingkat Kecamatan bahkan sampai ketingkat Kabupaten, namun  untuk Desa Kalinapu belum juga terlihat kemajuannya  secara signifikan,”keluh Yasman.
Dia juga menegaskan, memang Desa Kalinapu termasuk dalam Desa tertinggal baik dari akses jalannya untuk keluar dan masuk ke Desa. karena sampai saat ini masyarakat yang ada disana kalu ingin bepergian terpaksa melalui jalur tranfortasi sungai dengan menggunakan perahu atau klotok, karena Desa Kalinapu dikelilingi oleh perairan sungai.
Yasman juga menambahkan, pihaknya sudah mengusulkan untuk dibangunkan akses jalan darat sepanjang 900 meter, namun yang teralisasi hanya 250 meter saja, padahal kalu bisa dibangun akses jalan daratnya, maka dampak kemajuannya akan dirasakan oleh masyarakat, selain pada jalan warga juga belum merasakan dan menikmati pelayanan listrik seperti Desa lainnya padahal kebutuhan listrik bagi kehidupan masyarakat sangat penting, jelas Yasman. (metro7/ali/rul)