Gapoktan Mahang Matang Landung Terima Alsintan

0
36
BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid didampingi ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid menyerahkan secara simbolis alat mesin pertanian (alsintan) kepada gapoktan desa mahang Matang Landung Kecamatan Pandawan, Kabupaten HST, di desa Mahang Matang Landung, (10/6).
Dalam laporannya, kepala Dinas Pertanian, Tanaman pangan dan Holtikultura HST, Kemat, menyampaikan Alsintan berupa handtraktor tersebut berjumlah sepuluh buah, yang merupakan dari Kementrian Pertanian RI.
“Bantuan ini merupakan wujud perhatian dari kementrian pertanian RI kepada kita masyarakat HST, sebagai dukungan dalam meningkatkan ketahanan pangan di HST,” katanya.
Selain itu, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini salah satu upaya meningkatkan akselerasi pembangunan pertanian yaitu kegiatan mekanisasi pertanian khususnya tanaman pangan.
“Setiap tahun, target nasional terus meningkat, untuk itu kami dari dinas pertanian terus berupaya membantu kelompok tani agar target produk pertanian terus tercapai,” tambahnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Harun Nurasid dalam sambutannya, mengharapkan agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal, agar produktivitas pertanian lebih bagus dan hasilnya dapat meningkat.
“Pemerintah daerah selalu berupaya membantu para petani, agar lebih sejahtera, dan petaninya menjadi lebih cerdas dalam memanfaatkan lahan pertanian,” kata Harun
Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Murakata ini menuturkan, dari tahun ketahun, pemda selalu menganggarkan dana untuk kesejahteraan petani, membina para penyuluh pertanian dan menambah sarana prasarana pertanian.
Seperti yang kita ketahui bersama, tuturnya, HST dua tahun berturut turut telah menerima penghargaan dibidang ketahanan pangan yaitu Adhikarya Pangan Nusantara (APN), dan HST satu satunya mewakili pulau Kalimantan mendapatkan penghargaan tersebut.
“Artinya petani kita berhasil mngembangkan produksi pertanian dalam meningkatkan ketahanan pangan, dan Kabupaten kita menjadi salah satu daerah penyangga pangan,” pungkasnya.
Turut berhadir pada kegiatan tersebut, kepala Dinas pertanian, tanaman pangan dan holtikultura HST Kemat, Kepala BPP HST Zainuddin, kepala SKPD terkait, camat Pandawan Kurmadi, Gapoktan desa Mahang Matang Landung, dan seluruh warga desa. AdvHumHST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here