Bahas Raperda Penyerapan Tenaga Lokal & Pasal Tradisional

0
47
MUARA TEWEH  – Kalangan DPRD Kabupaten Barito Utara telah membahas dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang Inisiatif DPRD Kabupaten Barito Utara terkait penyerapan tenaga lokal terhadap para perusahaan yang beroperasi di Batara dan Raperda tentang masalah pasar tradisional.
Ketua DPRD Barito Utara, Set Enus Y. Mebas SE ketika ditemui Metro7 usai kegiatan HUT Bartim ke-13 di Tamiang Layang belum lama tadi, mengatakan memang saat ini pihaknya telah membahas Raperda tentang penyerapan tenaga lokal terhadap perusahaan yang berinvestasi di daerah Batara.     
Karena sesuai dengan rancangan peraturan daerah (Raperda) agar kiranya perusahaan yang beroperasi di daerah agar memperhatikan dan memperkerjakan tenaga lokal 60 persen dan sisanya 40 persen baru tenaga kerja luar daerah, dengan tujuan agar bisa mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat lokal daerah.     
Dia juga menambahkan terkait dengan Raperda tentang pasar tradisional, memang saat ini pihaknya sudah melakukan uji publik agar pasar tradisional tersebut, bisa djadikan sebagai pasar semi modern, namun juga bisa melihat dan menilai dari kebutuhan masyarakatnya.     
Masih kata Set Enus, untuk mengantisipasi adanya pendirian Mall, maka dari itu pihak DPRD Batara akan berinisiatif untuk membuat PERDA terkait tentang pasar Tradisional, dan jarak pendirian terkait dengan ketentuan dalam mendirikan bangunan Mall, tentunya ada ketegasan dalam pengaturannya, karena kalau tidak ada ketentuan pengaturan dikhawatiran akan berdekatan dan membuat adanya daya saing pasar.
        Rencanannya dua Raperda tersebut kalau selesai sebelum akhir tahun ini, maka akan secepatnya berjalan dan diberlakukan sesuai dengan ketentuanya. Diakuinya memang pada tahun 2015 ini, sudah ada beberapa Perda yang sudah di sah kan, salah satunya Perda tentang Izin Mendirikan bangunan (IMB), serta Perda tentang RTWP tentang tata ruang dan lainnya. (metro7/ali.ji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here