Marakat yang terganggu, tetapi juga dapat mengancam kesehatan masyarakat. Pasalnya, mereka akan rentan menderita penyakit Inpeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat sering menghirup asap yang di sebabkan dari pembakan lahan tersebut. Hal ini di katakan Kades Siong ,Sidinto Saat Ditemui dirumahnya.
Lanjutnya,apa lagi untuk kebanyakan warga Desa Siong sering melakukan aktivitas di luar rumah,sehingga dengan kondisi kabut asap yang dimikian,mereka  akan rentan terkena penyakit ISPA.
Oleh karena itu, pihak Pemerintahan Desa Siong membagikan 600 masker Kepada Warga desanya. sehingga dengan mereka menggunakan masker,warga akan lebih aman untuk  beraktivitas diluar rumah, karena asap yang mereka hirup tidak langsung masuk kehidung tetapi terhalang oleh masker yang mereka pakai, sehingga dengan dimikian mereka tidak mudah terserang penyakit ISPA.
Ditambahkannya, hal ini merupakan salah satu upaya dari pihak Pemerintah Desa Siong, agar masyarakat Desanya bisa tercegah dari penyakit ISPA,selain itu ini juga merupakan tanggung jawab , serta salah satu bentuk keperdulian dari Pemerintah Desa kepada kesehatan masyarakat Desanya, agar warga desanya  jangan sampai mudah terserang penyakit ISPA akibat kabut asap yang ditimbulkan dari perbakaran lahan.(metro7/ali/arul).