TANJUNG – Ikan patin merupakan salah satu makanan favorit yang sering kita santap. Rasanya yang gurih dan nikmat mampu membuat ikan patin ini disukai banyak orang. Di Indonesia, ikan patin terus menunjukkan tingkat produksinya setiap tahun, hal ini juga terjadi di Kabupaten Tabalong. Dengan produksi ikan patin yang cukup besar, para peternak ikan patin harus dapat memasarkannya dengan baik agar pundi-pundi rupiah dapat dipetik dan peternak tidak mengalami kerugian.
Menyikapi hal itu, PT Pama Persada Nusantara melakukan Pembinaan UKM terhadap peternak ikan patin di Kabupaten Tabalong, tepatnya di Desa Banua Rantau, Kecamatan Banua Lawas dengan mengolah ikan patin menjadi pentol. Tujuan dari Pembinaan UKM ini adalah agar dapat memberikan nilai tambah bagi ikan patin, sehingga memiliki nilai jual lebih baik dan dapat bersaing secara unggul.
PT Pama juga membantu dalam pengadaan alat-alat yang digunakan dalam pengolahan ikan patin menjadi pentol. Cara pengolahan yang diterapkan UKM ini bisa dikatakan cukup sederhana, karena menggunakan bahan-bahan yang sehat dan terjangkau seperti ikan patin, tapioka, lada, bawang putih, kalau bubuk, minyak sayur, gula pasir, dan garam.
 Bahan-bahan yang digunakan juga Anti MSG dan Boraks sehingga tidak perlu khawatir karena sangat aman dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa.
 Menurut salah satu penggemar Pentol Ikan Patin ini mengungkapkan bahwa pentol ikan patin ini memiliki rasa yang gurih, nikmat, dengan teksturnya yang lembut dan rasa ikan patin yang begitu terasa disetiap gigitannya. Ditambah dengan sausnya yang enak mampu membuat penggemar pentol ini ketagihan untuk nambah dan nambah lagi.
 Nah jika berminat langsung saja datang ke UKM SAHABAT di Desa Banua Rantau, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.
PT Pama berharap agar Binaan UKM SAHABAT yang merupakan unggulan baru ini mampu memberikan nilai tambah bagi ikan patin dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para peternak ikan patin di Kabupaten Tabalong dan sekitarnya, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.
Dalam jangka panjang, PT Pama juga berharap agar UKM binaan Pentol Ikan Patin dapat membuka lapangan kerja lebih banyak lagi.  (metro7/via)