MARTAPURA –  Pemerintah Kabupaten Banjar sepenuhnya siap menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di kabupaten setempat.
Penjabat Sementara Bupati Banjar Rachmadi Kurdi di Martapura, Sabtu mengatakan, pihaknya sudah meminta seluruh PNS dan elemen masyarakat ikut aktif menyukseskan pilkada.
“Sosialisasi pilkada serentak sudah dilaksanakan dihadiri PNS di lingkup Pemkab Banjar dan mereka diminta aktif menyukseskan pemilihan kepala daerah,” ujarnya.
Ditekankan, seluruh PNS di lingkup Pemkab Banjar diminta tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bersaing dalam pilkada di kabupaten itu.
“Seluruh PNS kami minta menjaga netralitas, jangan sampai mendukung salah satu pasangan calon sehingga terwujud pilkada yang bersih dari keterlibatan aparatur,” ucapnya.
Menurut dia, jika oknum PNS ikut aktif terlibat mendukung salah satu pasangan calon, maka sanksi tegas akan dikenakan dan sesuai ketentuan dijatuhi sanksi kategori sedang.
“Kami tidak akan pandang bulu dalam menjatuhkan sanksi terhadap oknum PNS yang terlibat mendukung pasangan calon dan dikenakan sanksi kategori sedang,” ujarnya.
Dikatakan, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki hak pilih menggunakan hak suaranya dalam pilkada yang dijadwalkan 9 Desember 2015.
“Masyarakat harus menggunakan hak pilihnya karena satu suara sangat menentukan terpilihnya kepala daerah untuk masa lima tahun ke depan,” ujar Kepala Dinas Kehutanan Kalsel itu.
Sementara itu, sesuai penetapan KPU Banjar, jumlah pemilih tetap dalam pilkada sebanyak 435.592 orang yang akan memilih empat pasangan calon bupati/wakil bupati.
Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Fauzan Saleh dan Teja Sukmana yang maju melalui jalur perseorangan, kemudian pasangan Khalilurahman dan Saidi Mansyur.
Dua pasangan lain yang lolos dan memenuhi syarat maju yakni Gusti Abidinsyah dengan Mawardi Abbas serta pasangan Gusti Chairiansyah dengan Abdul Hadi.(metro7/ant)