BARABAI – Usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk menjadikan kabupaten HST sebagai kota terbersih, sejuk dan bebas sampah kembali menuai hasil. Untuk ketiga kalinya kabupaten yang berjuluk Bumi Murakata tersebut meraih penghargaan Adipura 2015 dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK)
Penyerahan Adipura 2015 ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Penjabat Bupati HST Dr Drs Ngadimun MM di Bidakara Jakarta, Senin (23/11) malam. Penyerahan tersebut juga disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jussuf Kalla .
 Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kabupaten HST  yang bisa kembali mempertahankan lambang supremasi kebersihan kota tersebut, mengingat penghargaan Adipura adalah penghargaan untuk pemerintah kabupaten kota dan provinsi yang dinilai memiliki kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup.
 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan penghargaan Adipura merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.”Penilaian Adipura dan Adipura Kencana tahun ini dilakukan lebih ketat. Tempat pengolahan akhir sampah harus serius dikelola oleh pemda,” katanya.
 Dalam pelaksanaan program Adipura periode 2014-2015 tim memantau 357 kota dan ibukota kabupaten seluruh Indonesia.. Setelah melalui pemantauan, penilaian, dan verifikasi lapangan serta pengkajian akhir Dewan Pertimbangan Adipura diputuskan kota Barabai, kabupaten HST kembali menerima penghargaan Adipura bersama 64 kota/kabupaten lainnya di seluruh Indonesia.  AdvHumHST