Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar acara
sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) HST 2015 bagi pemilih pemula tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten HST, yang digelar di SMKN 1 Barabai, Kamis (19/11)
Anggota KPU HST, Ahmad Zulfadli, mengungkapkan potensi hak pilih yang dimiliki oleh pemilih pemula ini tidak bisa dipandang sebelah mata. ” Jumlah Pemilih Pemula di kabupaten HST memiliki pengaruh terhadap perolehan suara nantinya serta ini juga dapat menjadi pendidikan politik bagi mereka untuk turut serta mensukseskan Pemilukada di HST ,” tandasnya.
 Mengingat kebanyakan para pemilih pemula ini masih di jenjang sekolah, yakni usia 17 tahun, maka perlu ditanamkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya pemilu sedini mungkin. Partisipasi mereka dalam pemilu sangat penting artinya dalam mewujudkan demokrasi di Indonesia. Oleh sebab itu diharapkan dengan sosialisasi  ini akan meningkatkan partisipasi kawula muda dalam menyelenggarakan pemilu di masa mendatang.
 Metode yang digunakan dalam penyampaian materi kelas pemilu ini mengunakan metode *classroom*, dengan diskusi tatap muka, simulasi dan lewat kesenian madihin yang dibawakan oleh Jumairi dan anaknya M Sayuti, sehingga peserta menjadi terlibat aktif mengikuti kegiatan.
 Beberapa materi menyangkut pemilu yang disampaikan dalam kelas pemilu kali ini antara lain, Pentingnya Pemilu, Penyelenggara Pemilu, Tahapan Pemilu dan Peserta Pemilu, Pemutakhiran Data Pemilih, Menjadi Pemilih yang Cerdas, serta pembagian Pamflet visi dan misi ketiga pasangan calon Bupati HST dan Wakil Bupati HST agar pemilih pemula yang merupakan siswa sekolah dapat mengenal calon pemimpin di Bumi Murakata nantinya. AdvHumHST