PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin membuka Konferensi Kabupaten (Konkab) PGRI Balangan Kamis (25/2) diaula Mayang Maurai Komplek Garuda Maharam.
Acara yang bertemakan “Memantapkan peran stategis PGRI sebagai organiasi profesi guru indonesia dalam mewujudkan revolusi mental menuju pendidikan yang  bermutu”, dihadiri oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin, Wakil Ketua PGRI Propinsi kalsel Salman ,  unsur Muspida Balangan, pengurus PGRI Pronsisi, PGRI Kabupaten PGRI Kecamatan  Balangan dan perwakilan guru.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa eksistensi dan peran PGRI selama ini turut memberikan konstribusi yang sangat berarti bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia yang sampai saat ini masih terus perlu untuk di kembangkan.
“Kontribusi yang diberikan PGRI bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan sumber daya manusia di Balangan sangatlah berarti, namun semua itu tetap perlu ditinggkatkan lagi,” ungkapnya.
Bupati berharap PGRI bisa sejalan dengan Visi Misi Bupati untuk mensejahterakan Balangan. Lebih lanjut, Ansharuddin, juga mengharapakan dengan adanya pengurus baru ini memberikan perubahan yang lebih baik terutama tentang tanggung jawab guru yang dimulai dari kedisplinan dalam mengajar.
Sementara terkait Kesejahteraan guru, Bupati berjanji akan tetap memberikan tunjangan sesuai dengan kenerja.
“Berikan kan bukti pengabdian kalian didunia pendidikan, baru kami juga memberikan penghargaan kepada guru berupa tunjangan dan sertifikasi,”tegasnya.
Bupati juga meminta kepada PGRI agar terus bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kualiatas pendidikan di Bumi Sanggam.
“Oleh karenanya momentum Konferensi ini semestinya di manfaatkan semaksimal mungkin guna menghasilkan agenda peningkatan pelayanan pendidikan, PGRI dan Pemerintah ke depan harus terus menjadi mitra guna menjalin kebersamaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan masyarakat pada umumnya,” tuntasnya Bupati Ansharuddin.
Sementara itu, Wakil  Ketua PGRI Kabupaten Balangan sekaligus panitia pelaksana Konferensi PGRI ke XXI ,H M Ideris menyampaikan konferensi PGRI yang merupakan agenda puncak organisasi PGRI di kabupaten Balangan, tidak serta merta hanya merupakan agenda rutin lima tahunan semata yang hanya memilih ketua umum, tapi kemudian harus mampu menghasilkan agenda lain yang lebih bermutu, oleh karenanya selama lima tahun ke depan PGRI siap menghasilkan karya nyata dalam pelayanan pendidikan yang lebih professional.
Ideris mengucapkan terimakasihnya kepada Bupati Ansharuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PGRI Balangan selama dua periode terakhir.
“Mewakili pengurus PGRI kami juga mengucapkan terima kasih kepada H Ansharuddin yang telah memimpin PGRI selama dua periode terakhir , dengan peran beliau PGRI di Balangan  mampu  meningkatkan kualitas pendidikan dan masyarakat dikabupaten Balangan,” tuturnya.
Terakhir, dia meminta kepada Bupati Balangan agar tetap memperhatikan kesejateraan guru berupa tunjangan prosi.
Dalam Kegaiatn konferensi PGRI ini dilakukan pemberian piagam penghargaan untuk Guru berprestasi dan juga dilakukan pemilihan Pengurus PGRI periode 2016-2021 , dimana diperiode sebelumkan ketua PGRI Kabupaten balangan dijabat oleh H Ansharuddin yang sekarang menjadi Bupati Balangan dan sekaligus diangkat menjadi Wakil ketua PGRI Propinsi Kalimantan selatan.
Perlu diketahui juga, dalam pemilihan pengurus kemarin, menghasilkan pemimpin PGRI Balangan yang baru, H.M Ideris S Pd MM dipercaya untuk memimpin organisasi guru terbesar di Balangan, semantara Drs. Aminuddin dan Imam T dipercayai untuk menjadi wakil ketua PGRI, sedangkan pada posisi Sekretaris diisi oleh Munisih SP.d MM. (metro7/wnd)