TAMIANG LAYANG – Dengan adanya perubahan musim saat ini, berpengaruh dengan dampak kesehatan masyarakat, khsusunya di wilayah Kecamatan Pematang Karau, karena hampir semua Desa yang terkena demam berdarah seperti Desa Muru Duyung, Pinang Tunggal, Tampung Ulung, Tuyau, serta Desa Sumber Rejo. Sehingga warga yang terkena demam berdarah pun kebanyakan opname ke Buntok  Kabupaten Barsel.
Camat Pematang Karau Tugu Nahas mengatakan pihaknya sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas Kesehatan Kabupaten secara tertulis terkait dengan kasus demam berdarah yang menimpa warganya, “memang beberapa waktu lalu pihak Puskesmas setempat sudah turun kelapangan untuk melakukan sosialisasi terkait dengan pencegahan demam berdarah dan mereka juga menganjurkan kepada warga masyarakat untuk hidup sehat,” ungkap Tugu Nahas.
Dia juga berharap agar pihak Dinas Kesehatan Kabupaten turun kelapangan untuk melakukan penyemprotan ke rumah warga yang terkena demam berdarah guna untuk melakukan pencegahan.
       Selain itu kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur Dra. Dewi Murni. Ibie, MAP melalui Kabid PMK Dinas Kesehatan Bartim. Dr. Jimmi W.S Hutagalung. MMKes ketika ditemui Metro7 belum lama tadi menjelaskan, dari laporan yang diterima ada terdapat enam kasus demam berdarah yang menimpa masyarakat Wilayah Kecamatan Pematang Karau, maka dari enam kasus tersebut, lima orang masih disangka dan satu orang positif yang terkena Demam Berdarah.
Antisipasi dari Dinas Kesehatan Bartim yakni telah melakukan pencegahan dengan turun langsung kelapangan bersama dengan pihak Puskesmas setempat untuk melakukan penyuluhan tentang kesehatan kepada warga masyarakat yang ada di Kecamatan Pematang Karau, tentang 3M yaitu menguras, menanam dan membersihkan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit-penyakit lainnya.
“Hal tersebut, merupakan salah satu dari upaya pencegahan yang kita lakukan selama ini, selain pada itu juga dari 6 orang yang terkena Demam Berdarah ini, maka pihaknya sudah melakukan Pogging atau penyemprotan ke rumah warga yang terkena kasus tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar melakukan 3 M dan berprilaku hidup sehat agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit lainnya,” harapnya. (metro7/ali)