BATULICIN – Dalam rangka terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat maka Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanbu bersama dengan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Konsolidasi, Pengendalian, dan Pengawasan, Kamis (25/2) di Batulicin.
Rakor yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H. Said Akhmad, MM juga dihadiri undangan dari Kodim 1022 Tanbu, Polres Tanbu, Kejaksaan Negeri, MUI dan Instansi Pemerintah Daerah yang terkait yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.
Dikatakan Sekda, kondisi sosial yang aman, nyaman dan tertib tentunya akan berdampak pula pada percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah.
Agar kondisi tersebut dapat terwujud, maka perlu komitmen dan peran aktif dari semua pihak yang terlibat baik itu pemerintah daerah dan masyarakat melalui sinergitas diantara TNI Polri, Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lainnya serta Pers.
Selain itu, pengawasan datangnya penduduk baru atau pendatang baru ke Kabupaten Tanah Bumbu juga harus di dilaporkan.
jika ada pendatang baru, maka RT maupun Kepala Desa harus tahu dan mendata, sebutnya.
Selain itu jika ada gelagat atau potensi masalah disuatu wilayah haruslah cepat diantisipasi jangan sampai terjadi konflik baru dilaporkan. Upaya pencegahan lebih penting untuk dilakukan jangan sampai konflik atau masalah dimasyarakat menjadi meluas dan anarkis.
Untuk itulah peran kita semua dalam hal pengawasan dan pencegahan perlu ditingkatkan sehingga potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dimasyarakat seperti narkoba, aliran sesat, pencurian, dan konfik lainnya dapat dicegah dan diminimalisir. (metro7/relhum).