TANJUNG – Forum Komunikasi Serikat Pekerja Mandiri, gabungan serikat pekerja mandiri site Adaro, menggelar Jumat bersih dalam rangkaian peringatan hari buruh se Dunia, Jumat (29/4).
Kegiatan yang dipusatkan di Pasar Tanjung, Tabalong itu, diisi dengan pembagian 34 bak sampah dan pembersihan area pasar.
Menurut Ketua Panitia, Ageng Prasongko, Pasar Tanjung dipilih setelah panitia melakukan koordinasi bersama Bupati Tabalong, Dinsosnaker, dan UPT Pasar. “Kita ingin berpartisipasi dalam upaya pemerintah meraih Adipura,” ujarnya.
Selain itu, kata Ageng, peringatan hari buruh se Dunia yang dilakukan serikat pekerja mandiri tahun ini, juga bermuatan pesan, bahwa peringatan hari buruh, tidak selalu bernuansa negatif.
“Kita tentu prihatin dengan kondisi ketenagakerjaan, khususnya sektor pertambangan yang saat ini sedang mengalami goncangan, namun kita tidak bisa melakukan upaya untuk bertindak diluar jangkauan, setidaknya, melalui kegiatan ini, kami ingin mengabarkan, bahwa selalu ada sisi positif yang bisa dilakukan pekerja,” kata Ageng.
Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya menyampaikan, saban peringatan hari buruh, kerap muncul pandangan negatif, karena peringatan tersebut diwarnai aksi anarkis.
Di Tabalong, ungkapnya, peringatan hari buruh terasa sejuk. Karena ditengah kesibukan para pekerja, mereka masih sempat berbuat untuk masyarakat sekitar.
“Ini tentu momen yang luar biasa, karena para pekerja yang berhimpun di forum komunikasi serikat pekerja mandiri site Adaro, turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah meraih adipura, kta berharap ini bisa terus ditingkatkan,” kata Anang.
Anang juga berpesan, kegiatan positif dalam rangka peringatan hari buruh yang berlangsung di Tabalong ini, bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.
Pada kesempatan yang sama, Ageng secara simbolis menyerahkan bantuan tong sampah pada Anang, untuk dilanjutkan dengan aksi bersih bersama forum komunikasi serikat pekerja mandiri dan sejumlah SKPD di lingkungan pemkab Tabalong.
Dalam rangkaian peringatan hari buruh 2016 kali ini, juga akan digelar kegiatan pentas seni budaya pada Sabtu (30/4), di Pendopo Bersinar, komplek rumah dinas Bupati Tabalong.
Setelah itu, perhelatan puncak peringatan hari buruh pada Minggu (1/5), akan dilangsungkan acara jalan santai yang berpusat di pendopo dengan doorprize umrah bagi yang beruntung. (metro7/humas adaro)